Selasa, 19 Oktober 2010

(silvana Kawulur/tugas 4)Internet Marketing

Internet Marketing

a. Latar Belakang

Di zaman sekarang ini sudah banyak produk-produk yang bermunculan untuk di jual untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan banyaknya produk yang bermunculan banyak juga kualitas dari produk-produk tersebut. Dari yang berkualitas sampai dengan produk yang tidak berkualitas bermunculan. Semuanya itu punya tujuan dan maksud tertentu dari tiap pembuat produk. Disisi lain juga bukan hanya produk yang bermucnculan tapi juga jasa. Dimana jasa sudah sangat di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dimana perusahaan yang sudah begitu banyak dengan begitu jasa yang mereka perlukan juga harus ada.

kebutuhan yang sudah sangat banyak dan bermacam-macam. Terutama di saat seseorang ingin berbelanja ataupun berdagang. seitap orang yang berbelanja pasti akan lebih memilih sesuatu produk yang lebih murah serta mudah untuk di jangkau. Begitu juga para pedagang pasti akan mencari tempat strategis untuk berdagang agar supaya produk atau barang yang di jual bisa terjual. Di saat itulah muncul masalah-masalah yang harus di pecahkan. Dimana para pelanggan yang mecari suatu produk tetapi tak tahu berapa harga produk tersebut dan juga dimana tempat yang lebih murah untuk membeli produk tersebut. Begitu juga dengan para penjual atau pedagang, karena sudah begitu banyak toko-toko di setiap tempat penjual terpaksa harus berusaha dan berpikir keras mencari tempat strategis dimana para pelanggan akan lebih mudah menjangkau serta mudah di temukan. Permasalahan-permasalahan tersebut yang membuat pelanggan yang enggan untuk berbelanja dan berdagang.
Di luar dari itu, saat ini dunia teknologi sudah semakin maju dimana yang namanya internet. Karena alasan-alasan itulah digabungkannya internet dengan berdagang. Dimana didalam internet itu kita bisa mengakses dengan mudah suatu data yang kita cari tanpa harus berjalan keluar rumah karena kepraktisan itu mereka menggabungkan internet dan berbisnis/berdagang menjadi satu sehingga para pelanggan bisa membeli suatu produk ataupun barang yang diinginkan dan para pebisnis dapat menjual barang mereka tanpa harus memikirkan tempat yang strategis untuk toko mereka.
Selain itu, bukan hanya persoalan berdagang produk dan jasa, tetapi bagaimana cara mengolah bisnis tersebut. Bagaimana supaya perdagangan yang mereka lakukan bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Semua itu harus dipikrkan dengan matang, diperlukn juga beberapa strategi agar bisnis-bisnis yg dilakukan bisa berjalan dengan baik


b. Definisi

Internet marketing biasanya sering di sebut sebagai ‘online marketing’ atau juga ‘web marketing’, definisi sederhana tentang internet marketing adalah menjual barang atau jasa melalui media internet. Internet marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan sebagaimana halnya fungsi catalog tercetak pada bisni offline.

Kegiatan Internet marketing umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran (copywriting), Internet marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), pemasaran afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

Internet marketing juga mengacu pada penempatan media bersama tahapan yang berbeda dari keterlibatan pelanggan siklus melalui pemasaran mesin pencari (SEM), search engine optimization (SEO), banner iklan di situs web tertentu, pemasaran e-mail , dan Web 2.0 strategi.



Kenapa internet marketing banyak dipilih orang untuk berbisnis dan layak dipilih sebagai bisnis? karena ada alasan-alasan utama yang membuat orang-orang memilih internet marketing dimana internet marketing itu bisa menjadi alasan kenapa orang-orang memilih berbisnis di dunia maya(intenet) dari pada berbisnis secara nyata.

Alasan-lasan keutamaan Internet Marketing :
- 24 jam sehari
Internet siap 24 jam sehari nonstop, bisnis offline hanya mengandalkan jam kerja yang terbatas tapi bisnis online jam kerja tak terbatas. Bisa diakses oleh siapa saja dan dari mana saja di seluruh dunia.
- Spesifik target pasar
Menjangkau pasar yang tertarget dengan melalui promosi online. Anda bisa menentukan target pasar secara lebih efektif dan spesifik baik dari sisi area, minat, kebutuhan dan bahasa.
- Citra bisnis
Mampu mengangkat citra bisnis anda. Kehadiran secara online akan meningkatkan performa bisnis anda dibandingkan competitor lainnya.
- Minimalisasi Biaya
Biaya pemasaran lebih efisien dan efektif. Dengan pangsa pasar yang tertarget memungkinkan hanya pelanggan yang berminat yang akan terjaring.
- Fleksibilitas kerja
Mekanisme kerja yang flekxible, bisa dimana saja yang penting ada computer dan koneksi internet.


- Komunikasi lebih efektif
Memudahkan komunikasi dengan pelanggan lebih efektif, karena internet adalah media online yang interaktif baik melalui kontak pelanggan maupun newsletter.
- Respon cepar dan tepat
Sistem otomatisasi internet membuat bisnis anda bisa memberi respon cepat jika pelanggan melakukan transaksi. Di jaman yang serba instan ini kecepatan respon pelanggan adalah sebuah kemutlakan.

Sebelum memulai bisnis atau usaha ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang harus di perhatikan dalam memulai Internet Marketing dimana hal-hal tersebut bisa menjadi suatu persiapan kita menghadapi bisnis online yang begitu banyak dan juga bisa menjadi kunci sukses dalam kita berbisnis di dunia maya(online).

• Kita harus tahu apa kelebihan dan kekurangan kita karena internet marketing itu tidak gampang jadi. Jika, kita menjalankan pasar yang banyak peminat tetapi sedikit saingan yang benar-benar anda kuasai akan lebih mudah untuk anda bertahan didalamnya.
• Kita harus menyelidiki apakah menjlankan pasar yang banyak peminat tetapi sedikit saingan yang akan kita bangun berpotensi mendatangkan uang atau tidak, karena memang ada pasar-pasar tertentu yang memang banyak peminatnya tetapi mareka enggan mengeluarkan uang.
• Kita perlu nama domain dan hosting. Nama domain sudah sewajarnya bisa mencerminkan semua yang terdapat pada blog atau website anda karena nama domain bisa diibaratkan nama toko kita. Dimana nama domain itu harus lebih mudah di ingat pelnggan. Untuk Hosting sendiri pilihlah yang handal dan cepat di akses karena hosting itu sendiri adalah tempat kita meletakkan file-file website ataupun blog kita.



Dalam internet marketing tentu kita akan menemui istilah-istilah yang sering digunakan. Berikut adalah beberapa istilah-istilah yang sering kita jumpai dalan internet marketing:
Model-model bisnis :
• Sales website
Sales website adalah bentuk terbaik dari internet marketing. Perusahaan atau individu yang ingin mensetup website akan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk membeli produknya. Customer akan mengunjungi website, melakukan pemesanan, melakukan pembayaran secara online atau transfer via bank, dan barang dikirimkan ke customer. Semua transaksi ini akan dilakukan secara elektronik dan otomatis.
• Websites Informasi
Ada website tipe lain, yakni Website Informasi untuk internet marketing. Website tipe ini dibuat untuk menginformasikan tentang seluk beluk sebuah produk. Dan diharapkan dengan website yang berisi informasi tentang produk yang dijual akan memberikan penjelasan pada calon customer agar membeli produk yang dijual.
• Email marketing
Pebisnis online akan menggunakan email untuk mengintak calon customer (prospek) memberikan penawaran. Pebisnis akan meminta kepada prospek agar mau menerima setiap informasi yang akan dikirim melalui email tentang produk-produknya. Setelah prospek setuju untuk menerima informasi itu, maka biasanya akan mengirimkan informasi/promosi via email tentang produk dan perusahaannnya dalam bentuk sales letter atau brosur.


Email marketing adalah cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mendistribusikan sales letter. Dan lebih ramah lingkungan dibandingkan mengirimkan kertas brosur ke alamat prospek. Tetapi email marketing akan menjadi tidak efektif dan memberikan efek negative bila pebisnis online melakukan spam.

Di dalam Internet marketing juga ada hal-hal yang dikaitkan atau berkaitan dengan beberapa model bisnis dimana model-model tersebut begitu berpengaruh pada internet marketing.
Model-model bisnis :
-  e-commerce adalah di mana barang yang dijual langsung ke konsumen (B2C) atau bisnis (B2B)
- memimpin - berbasis website - sebuah organisasi yang menghasilkan nilai dengan memperoleh penjualan mengarah dari website
- afiliasi pemasaran - proses di mana suatu produk atau jasa yang dikembangkan oleh satu kesatuan (e-commerce bisnis, orang tunggal, atau kombinasi) dijual oleh penjual aktif lainnya untuk bagian dari keuntungan. Entitas produk dapat memberikan beberapa materi pemasaran (sales letter, link afiliasi, fasilitas pelacakan) Namun, sebagian besar hubungan pemasaran afiliasi berasal dari bisnis e-commerce yang menawarkan program afiliasi.
- internet marketing lokal - melalui mana suatu perusahaan kecil menggunakan Internet untuk mencari dan membina hubungan, yang akan digunakan untuk keuntungan dunia nyata. internet marketing lokal menggunakan perangkat seperti pemasaran media sosial , daftar direktori lokal, dan target penjualan promosi online.
- blackhat pemasaran - ini adalah bentuk pemasaran internet yang mempekerjakan menipu, kasar, atau kurang dari metode benar untuk mengarahkan lalu lintas web ke situs web atau pemasaran menawarkan afiliasi. Metode ini kadang-kadang meliputi spam, cloaking dalam halaman hasil mesin pencari, atau routing pengguna ke halaman mereka tidak awalnya permintaan.



c. Tujuan

Dalam melakukan intrnet marketing pastinya kita memiliki tujuan. Tujuan-tujuan trsebut sangat di usahakan agar bisa terpenuhi

Mengarahkan jalur pemasaran atau perdagangan yang lebih baik. Dimana internet marketing akan lebih mempermudah memenuhi kebutuhan pelanggan secara online. Serta memberikan pengalaman kepada pelanggan untuk mendapatkan kepuasan yang maksimal melalui internet marketing. Internet marketing juga membantu perusahan dimana dengan internet marketing perusahan lebih mudah untuk mempublikasikan barang atau jasa, memperkecil biaya yang di keluarkan.
Berkomunikasi sebuah perusahaan pesan-tentang profil, layanan, dan produk-produknya. Dimana perusahaan harus berkomunikasi untuk berbagi informasi dari tiap produk yang mereka kelolah.serta perusahaan bisa mengetahui produk-produk mana saja yang banyak di beli ataupun yang sudah jarang dan tak dijual sama sekali.
Melakukan penelitian-mengidentifikasi sifat dari pasar seperti, preferensi demografi dan kebutuhan masa kini dan masa depan klien. Serta Iklan produk, jasa atau bahkan ruang iklan melalui Internet..




d. Kelebihan dan Kekurangan

Dalam Internet marketing ada juga kelebihan dan kekurangnnya, dimana setiap kelebihan dan kekurangannya itu yang membuat pelanggan lebih memilih atu tidak memilih sama sekali Internet marketing tersebut...

Kelebihan

- Biaya Internet marketing cenderung lebih murah jika dilihat dari perbandingan antara biaya dengan audien tertarget.
- sifat media internet juga memungkinkan konsumen untuk membandingkan terlebih dahulu sebelum membeli produk
- konsumen dapat membeli produk atau jasa dengan nyaman dari rumah mereka sendiri
- Kemudahan perusahaan untuk mengiklankan dalam berbagai cara.
- Internet marketer juga bisa mengukur statistik dengan mudah dan murah
- Hampir semua aspek pemasaran promosi internet dapat ditelusuri, diukur, dan diuji
- Hasil dari kampanye dapat diukur dan dilacak segera



Kekurangan

- mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
- Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan
- Kurangnya pengetahuan seseorang dalam pengunaan internet
- konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian
- adanya penipuan dalam penjualan secara online
- Banyak situs yang legal ataupun tak mendidik


Diluar dari kelebihan dan kekurang internet marketing. Kita juga dapat melihat dampak positif dan negatif dari internet marketing. Dimana pengaruh dari dampak-dampak tersebut telah banyak berpengaruh dalam keseharian.





> Dampak Positif

- Melalui Internet Marketing kita yang selalu membeli secara online dapat lebih mengerti tentang dunia perdagangan karena didukungnya oleh situs-situs atau web-web pendukung tetang internet marketing
- Kita juga dapat mengetahui dunia luar terutama dalam hal marketing tanpa harus membuang banyak uang. Kita juga dapat meminimalisir biaya penegeluar kita.
- Kita bisa mengetahui perkembang yang terjadi atanpa harus keluar rumah. kita juga takkan ketinggal inforamsi-informasi yang penting. Meskipun ketinggalan informasi kita dapat mereview kembali inforamsi tersebut.


> Dampak Negatif

- Dengan adanya penipuan dalam internet marketing kita tidak akan mudah percaya atau pun membeli suatu keperluan melalui internet atau secara online
- Banyaknya situs-situs/web yang legal, dan situs yang tidak mendidik membuat seseoran lebih cenderung memilih melihat itu dari pada memilih hal yang lebih berguna. Terkhususnya anak-anak di bawah umur.
- Bisa terjadi perbuatan krimanal atau kejahatan karena internet marketing. Contohnya seorang suami membunuh istrinya karena mengetahui istrinya mengubah status hubungan perkawinannya di facebook.




e. Sistem Keamanan

Dalam melakukan hnternet marketing, ada 1 hal yg sangat penting untuk di perhatikan, yaitu mengenai keamanan. Dalam hal ini Keamanan akan membangun rasa kepercayaan (trust) antara para pebisnis dan juga pelanggan. Apabila tdak ada keamanan, maka para konsumen tidak akan merasa nyaman melakukan Internet Marketing sehingga tidak akan berjalan dengan lancar.
Keamana Informasi adalah penting baik untuk perusahaan dan konsumen yang berpartisipasi dalam bisnis online. Banyak konsumen yang ragu-ragu untuk membeli barang melalui internet karena mereka tidak percaya bahwa informasi pribadi mereka akan tetap pribadi.
Beberapa perusahaan yang membeli informasi pelanggan menawarkan pilihan bagi individu untuk memiliki informasi mereka dihapus dari data base, juga dikenal sebagai memilih keluar. Namun, banyak pelanggan yang tidak menyadari jika dan ketika informasi mereka sedang bersama, dan tidak dapat menghentikan transfer informasi mereka antara perusahaan jika aktivitas tersebut terjadi.
Lain masalah keamanan besar yang konsumen dengan pedagang e-commerce adalah apakah atau tidak mereka akan menerima apa yang mereka beli. pedagang Online telah berusaha untuk mengatasi masalah ini dengan investasi dan membangun merek konsumen yang kuat (misalnya, Amazon.com , eBay , Overstock.com ), dan dengan memanfaatkan pedagang / sistem penilaian umpan balik dan e-commerce ikatan solusi. Semua solusi usaha untuk meyakinkan konsumen bahwa transaksi mereka akan bebas dari masalah karena para pedagang dapat dipercaya untuk menyediakan produk yang handal dan jasa. Selain itu, mekanisme pembayaran online utama ( kartu kredit , PayPal , Google Checkout , dll) juga telah menyediakan back-end sistem perlindungan pembeli untuk mengatasi masalah jika mereka benar-benar memang terjadi.
Pada awalnya memulai suatu bisnis ataupun berdagang. Ada alasan pendukung yang membuat kita berbisnis ataupun berdagang, tetapi sebalikanya ada alasan juga yang membuat seseorang gagal dalam berbisnis karena suatu alasan atauapun sebab.
Berikut ini adalah alasan peneyebabnya internet marketing gagal :
Tidak terbiasa dengan teknologi internet. Pada awalnya memang sulit, tapi kalau kita mau belajar terus pasti bisa dan jika sudah menerima manfaatnya akan berpikir betapa berharganya mempelajari teknologi internet.
Suka menunda pekerjaan. Hal yang paling memicu kegagalan adalah tidak melakukan apa-apa, tidak segera memulai paling tidak mencobanya.
Menyepelekan usaha apa yang harus dikerahkan. Memulai internet marketing harus bersikap sebagai seorang pebisnis. Mempunyai komitmen kuat dan bersungguh sungguh menjalankan semua rencana bisnisnya. Selektif terhadap produk berkualitas yang akan dipasarkan.
Tidak menyadari bahwa butuh waktu untuk menghasilkan uang. Pada saat kita berhasil menjual produk/jasa milik orang lain (dalam hal ini program affiliate) butuh waktu beberapa minggu bahkan bulan untuk menerima pembayaran.
Mereka enggan untuk belajar. Kita harus mengerti tentang penjualan online, cara membuat website, bagaimana mendatangkan pengunjung ke website kita.
Tidak disipilin. Kita adalah BOS untuk diri sendiri, memotivasi diri sendiri untuk melakukan rencana bisnis, memantau kemajuannya dan tidak mudah menyerah adalah modal untuk sukses di Internet Marketing.
Salah satu hal terbaik menjadi Internet Marketer adalah menjalankan bisnis online berdasarkan hobi yang anda senangi.

Jadi, Ketika anda menyenangi internet marketing ini, maka anda akan betul-betul mengolahnya. Tetapi jangan lupa juga menanamkan rasa kepercayaan bagi para konsumen dengan cara meningkatkan keamanan. Karena dengan kepercayaanlah anda dapat berkembang.




Sumber :
www.google.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet
http://15menit.net/5-keuntungan-internet-marketing-dengan-article-marketing.html
http://duniaebook.wordpress.com/2009/10/18/apa-itu-internet-marketing-bagaimana-internet-marketing-bekerja/
http://caramarketing.com/apa-itu-internet-marketing/
http://www.infosum.net/id/e-learning/purpose-of-internet-marketing
http://internetmarketing.websiteini.com/#kelebihaninternetmarketing
http://freddyferdian.com/cara-memulai-internet-marketing/
http://pusatberbagi.com/category/internet-marketing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar