Rabu, 20 Oktober 2010

(Julita Mamangkey/tugas 4)makalah internet marketing

Apakah internet marketing?

Apa yang mungkin terbersit dalam pikiran kita ketika, mendengar kata internet marketing? Marketing dapat dikatakan merupakan pemasaran dan internet sebagai mediumnya. Secara sederhana saya mengartikan internet marketing sebagai pemasaran barang atau jasa lewat internet. Media elektronik saat ini menjadi salah satu media andalan untuk melakukan komunikasi dan bisnis. Beragam jenis bisnis internet yang dapat dilakukan. Dari skala yang besar sampai yang berskala kecil.

Kita mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya untuk bisa mencari dan mendapatkan uang dalam waktu singkat lewat internet. Atau bisnis apa yang dapat dijalankan tanpa perlu modal yang besar namun menghasilkan income yang besar. Bagaimana caranya? Pada dasarnya di dunia ini tidak ada segala sesuatu yang didapat dengan cara yang instan. Kenyataannya membutuhkan proses untuk mendapatkannya. Ternyata tidak sesingkat yang kita pikirkan. Perlu perhitungan waktu, tenaga, pikiran untuk menuangkan ide dan gagasan-gagasan. Menjadi internet marketer tidak lantas langsung dengan cepat mendapatkan pendapatan atau penghasilan yang menakjubkan. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun atau bahkan bisa beberapa tahun hingga bisa sukses menjalankan bisnis internet marketing.

Banyak orang pada awalnya termotivasi menjalankan internet marketing karena tawaran penghasilan besar. Sehingga awalnya kita berpikir dengan menjalankan bisnis ini, kita bisa cepat kaya. Bahkan bermimpi cepat kaya, padahal tidak mungkin secepat seperti apa yang kita pikirkan. Terjun dan menggeluti internet marketing bisa jadi menjamin penghasilan yang besar dikemudian hari. Asal digeluti sungguh-sungguh. Karena semua yang berjalan di alam ini bukanlah tanpa proses, tetapi justru proses tersebut harus ada.
Contoh sukses orang yang terjun dalam internet marketing yaitu Anne Ahira. Siapa yang tidak kenal Anne Ahira! Dari rumahnya, Ia menjalankan bisnisnya hingga sekarang. Dan ketika kesuksesan diraihnya, saat ini Anne Ahira banyak berbagi pengalaman dengan banyak orang dan memotivasi banyak orang. Sukses yang diraih Anne Ahira mendorong banyak orang untuk mulai mencoba terjun di internet marketing. Kemajuan internet marketing di indonesia ditandai dengan banyaknya internet academy. Dimana di akademi ini diberikan pelatihan tentang internet marketing. Asian Brain salah satunya, dimana Anne Ahira sebagai gurunya. Ditekankan oleh Anne Ahira dalam menjalankan bisnis IM adalah FOKUS. Fokus untuk mencapai tujuan / goal yang kita cari. Fokus merupakan salah satu kunci sukses Anne Ahira.

Internet marketing yang kita kenal yaitu bisnis online. Salah satu yang kita kenal ecommerce. Dengan memanfaatkan teknologi informasi, bisnis seperti ecommerce mampu menjangkau konsumen yang luas. Internet marketing memberikan kesempatan untuk meningkatkan pemasaran produk secara global. Walau disadari di Negara kita bisnis ecommerce tidak begitu berkembang. Entah kenapa, namun mungkin kepercayaan masyarakat akan bisnis ini cenderung masih kurang.

Pada awalnya dikatakan memulai bisnis internet marketing dijalankan part-time tetapi lama-kelamaan setelah berkembang maka ini menjadi sebuah profesi yang dijalankan secara full-time. Kenapa tidak? Memiliki pendapatan yang besar dan mampu mencukupi kebutuhan hidup. Profesi sebagai internet marketer bisa jadi merubah gaya hidup kita. Tapi itupun tergantung dari diri kita sendiri.

Apakah menjalankan internet marketing ini tanpa hambatan?
Tentu tidak demikian mudah. Apalagi bila masih pemula. Yang ada kita bingung akan memulai dari mana. Tentu ada hambatan-hambatan / kendala yang bakal kita temui. Namun seperti apa kata pepatah mengatakan “selalu ada yang pertama untuk segala sesuatu yang akan dikerjakan”. Bagaimana kita bisa tahu bila tidak pernah mencobanya. Tantangan dunia kerja kedepannya semakin ketat dalam persaingan. Butuh kerja keras dan semangat kerja. Apakah internet marketing membantu persoalan finansial kita? Hanya kita yang tahu. Karena keberhasilan kita diukur dari seberapa besar motivasi dan kerja keras yang kita lakukan.

Mengapa internet marketing hadir?
Boleh jadi internet marketing ada untuk menjawab tantangan dunia kerja masa kini yang global. Era dimana bisnis online sekiranya akan menjadi bentuk bisnis di masa depan. Setiap informasi menjadi kebutuhan dan selalu up to date setiap waktunya. kelebihan bisnis internet marketing adalah menjangkau calon pembeli di seluruh dunia. Apabila produk yang kita tawarkan menarik, bukan tidak mungkin akan menarik banyak pembeli. Sehingga kita mampu meraih keuntungan besar.

Tujuan Internet Marketing
Banyak cara yang dilakukan orang untuk bisa menghasilkan pemasukan. Siapa saja bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk mendapatkan penghasilan. Bisnis online tak ubahnya bisnis offline yang membutuhkan ketekunan. Tujuan kita saat memulai bisnis internet marketing yang pasti untuk mendapatkan uang / penghasilan. Siapa yang tidak tertarik bila tawaran berbisnisnya menghasilkan pendapatan yang besar? Sebenarnya menurut saya pemikiran ini sah-sah saja, tidak ada salahnya. Berharap mendapatkan uang banyak dalam waktu yang singkat boleh jadi, menjadi awal ketertarikan seseorang ke dalam dunia bisnis internet marketing. Walaupun dalam kenyataanya tidaklah sesingkat yang kita pikirkan untuk mendapatkan uang. Mungkin bisa jadi motivasi untuk maju. Yang pasti kita akan mengerjakan sesuatu apabila kita tertarik akan hal tersebut.

Jenis penghasilan yang diperoleh lewat internet
1. Menjual produk sendiri (Product Creation).
Kalau kita punya produk sendiri maka kita bisa langsung produk yang kita miliki.
2. Menjual produk orang lain (affiliate marketing)
Dengan mempromosikan produk orang lain atau perusahaan lain. Apabila ternyata produk atau layanan tersebut dibeli, maka kita berhak atas komisi yang ditawarkan perusahaan tersebut.
3. menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain (ads marketing). Kita bisa menyediakan layanan untuk pemasangan iklan. Dan untuk setiap iklan yang ditampilkan akan dibayar. Ini kedengarannya seperti apabila kita ingin memasang iklan di sebuah stasiun televisi, maka kita akan membayar ke stasiun televisi tersebut. Sedang stasiun televise yang menayangkan iklan kita bertindak sebagai penyedia layanan.

Prinsip menjual!
Hukum ekonomi mengatakan ada uang ada barang. Tapi bagaimana dengan penerapannya dalam internet marketing? Karena disini produk yang ditawarkan tidak secara langsung kita lihat. Bagaimana caranya agar produk yang dijual laku?
Menurut saya, dengan melakukan pendekatan. Kita paling tidak bisa memprediksi situasi atau kondisi yang mungkin muncul kedepan. Pada dasarnya manusia ingin bisa dimengerti. Sebagai internet marketer setidaknya tahu masalah apa yang dihadapi oleh calon pembeli pada saat hendak membeli apa yang kita tawarkan. Dengan membantu mereka, mencarikan solusi. Ini seperti melakukan sebuah pendekatan.

Yang selanjutnya adalah tidak berusaha memaksa. Saya tipe orang yang tidak suka dipaksa bila mau membeli sesuatu, misalnya apabila membeli baju. Apabila ada pegawai toko yang berusaha menawarkan sambil setengah memaksa maka saya tidak akan berpikir panjang untuk segera keluar dari toko tersebut. Menawarkan itu boleh-boleh saja tapi jangan memaksa. Ini menimbulkan pandangan yang kurang baik di mata calon pembeli.

Menjalin hubungan relasi yang baik. Di setiap bisnis tentu akan terjalin relasi secara profesional. Hubungan relasi hendaknya dijaga dengan baik. Kepuasan pelanggan adalah kepuasan anda juga, adalah kalimat yang pernah saya dengar. Menjalin relasi itu penting. Makin banyak relasi yang ada dalam daftar kita, maka makin banyak yang tahu tentang kita dan produk yang kita tawarkan.

Kesalahan-Kesalahan yang mungkin dilakukan sebagai pemula
Sebagai pemula dalam bisnis internet marketing ada banyak kesalahan yang mungkin dilakukan. Saat memulai debut menjadi internet marketer pada awalnya pasti merasa kesulitan. Namun jangan terjebak pada kesalahan-kesalahan tersebut. Berikut ini kesalahan-kesalahan yang mungkin muncul sebagai pemula :
• tidak punya cukup pengetahuan
terkadang minim pengetahuan tentang sebuah bisnis yang akan dijalankan menimbulkan kebingungan, bahkan mungkin berubah menjadi ketakutan karena kurang percaya diri. Ada pendapat mengatakan jangan takut! Belajar internet marketing membuthkan proses. Sedikit-semi sedikit kita akan tahu dan mulai mengerti bagaimana menjalankannya. Kesalahan-kesalahan kecil justru memberi pelajaran berarti untuk kemudian dapat diperbaiki.
• kurang cepat dalam mengambil tindakan
jika tidak melakukan apapun, kita tidak akan mendapatkan apapun. Karena tidak ada langkah kedua bila tidak diawali dengan langkah pertama.
• takut gagal
kesalahan kita yang paling besar adalah kita takut pada kegagalan. Padahal dari kegagalan itulah kita banyak belajar. Seperti seorang anak yang baru mulai belajar berjalan yang harus jatuh bangun baru bisa, maka demikian juga dalam bisnis internet marketing ini. Tidak ada bisnis yang tanpa ada kemungkinan gagal. Masalahnya, seberapa besar tingkat kegagalan itu? Itu yang perlu diantisipasi. Kegagalan sebenarnya melatih kepekaan kita. Naluri sebagai seorang internet marketer. Bagaimana kita berusaha untuk menemukan solusi dari kegagalan yang kita alami.
• takut rugi
setiap orang pada dasarnya punya sifat yang sama yaitu tidak mau rugi. Hal yang wajar menurut saya karena merupakan sifat alami yang dimiliki manusia. Dalam dunia bisnis untung rugi adalah hal yang biasa. Dalam internet marketing, kerugian tidak sama seperti pada bisnis offline. Karena bisnis online tidak memerlukan modal yang besar untuk membangunnya.
Pada setiap pemula, melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Justru dari kesalahan tersebut kita belajar untuk memperbaikinya. Kesalahan membuat kita lebih banyak menggali pengetahuan untuk berusaha memperbaikinya.

Keuntungan menjalankan internet marketing
1. Mengurangi resiko kerugian yang besar. Berbeda dengan bisnis offline, bisnis online tidak membutuhkan tempat atau area untuk menjual produk, sehingga tidak harus punya modal yang besar untuk membangunnya. Yang paling penting adalah sarana internet untuk menunjang bisnis ini.
2. mekanisme kerja yang fleksibel. Dimana saja kita bisa menjalankan bisnis ini asal ada koneksi internet. Dengan menyediakan waktu yang rutin setiap harinya.
3. waktu yang fleksibel. Kita bisa menyediakan waktu sesuai pengaturan yang kita buat. Paling tidak beberapa jam dalam sehari, rutin dilakukan.

Kerugian
Kerugian yang mungkin muncul pada saat menjalankan internet marketing bisa saja diakibatkan karena perubahan harga. Saat kita menawarkan produk orang lain lewat suatu katalog misalnya, mungkin saja terjadi harga ternyata sudah tidak sesuai dengan katalog yang ada pada kita. Sehingga sewaktu kita menawarkan pada calon pembeli, kita masih menawarkan dengan harga yang sebelumnya. Kalau harga tersebut ternyata berubah naik, yang ada kita mengalami kerugian, kecuali bila kita meralat harga tersebut kepada calon pembeli dengan resiko si calon pembeli tidak yakin apakah akan membeli produk yang kita tawarkan atau tidak.

Selanjutnya, bisa saja akibat keterlambatan pengiriman. Sewaktu produk dipesan, kita mengatakan produk tersebut tersedia. Namun ternyata tidak diduga produk tersebut tidak tersedia, entah kendala habis stok atau salah perhitungan. Akibatnya, pengiriman kepada si pemesan terlambat. Ini bisa saja menimbulkan rasa ragu pembeli untuk kembali memesan produk dari kita.

Kerugian lainya bisa diakibatkan kesalahan teknis yang kita lakukan sendiri. Apapun itu kerugian pada proses menjalankan bisnis online tidak akan sampai membuat kita bangkrut. Ini karena menjalankan bisnis online tidak seperti menjalankan bisnis offline. Pengorbanan yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis offline adalah ketekunan. Bila tidak tekun maka akan merugikan kita. Sementara dengan modal yang sedikit kita bisa menjalankan bisnis internet marketing. Apakah akan dijalankan secara full time atau pun part time tergantung dari besarnya minat kita untuk menjalankan bisnis offline.

Produk digital
Kita jelas ingin produk yang kita jual berhasil laku. Melihat pangsa pasar yang berkembang, memasarkan produk digital adalah pilihan yang tepat. Kebutuhan akan informasi terus mengalami perkembangan. Orang rela membayar untuk informasi yang dibutuhkannya segera. Informasi digital adalah bisnis yang bagus karena :
- Dengan cepat dapat diakses dan di download. Hal ini tanpa menunggu waktu yang lama. Sebagai penggguna kita, kebutuhan kita saat memerlukan informasi tersebut segera langsung dapat dipenuhi. Tentu yang ada kita merasa puas dengan ber-internet.
- Cepat dan mudah. Kita mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri untuk diri kita. Dengan cepat kita bisa menjadi pebisnis. Walau kelihatannya mudah, namun dalam prosesnya banyak hal baru yang selalu harus dipelajari.
- Bisnis online bila dibandingkan dengan bisnis offline lebih unggul. Kelebihan yang nyata adalah tidak perlu repot-repot sampai harus menyediakan toko sebagai tempat menjual produk. Cukup dengan katalog. Selain dari yang sudah dijelaskan di atas, berbisnis produk digital bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Hanya tinggal membutuhkan pengetahuan bisnis internet marketingnya secara umum.
Produk digital yang kita tawarkan dapat berupa :
o Ebook (electronic book)
o Audio dan/video
o Software
o Membership sites dengan password

Membangun website
Para internet marketer yang menjalankan bisnis online dengan membangun website. Pembuatannya pun biasa dibuat semenarik mungkin, namun tetap dengan tujuan untuk menarik calon konsumen. Tujuan saat kita buat website agar pengunjung membaca dan tertarik untuk membeli dari apa yang kita jual. Katanya tidak perlu terlalu dibuat canggih penuh dengan efek animasi dan video. Namun yang perlu diperhatikan, jangan samapi apa yang kita tampilkan membuat jenuh orang lain. Website adalah sarana kita untuk memasarkan produk kita sendiri atau pun produk orang lain atau bisa saja menampilkan iklan orang lain.

Beberapa metode dalam pemasaran internet marketing
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk pemasaran lewat internet. Ada search engine optimation, pay per click, opt-in subscriber list, dll. Cara orang memasarkan sebenarnya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Namun ada 2 metode yang sering digunakan yaitu SEO (Search Engine Optimation) dan PPC (Pay Per Click).
SEO (Search Engine Optimation) yaitu bagaimana supaya website kita memperoleh posisi ketika user mencari keyword tertentu. Namun SEO agaknya sulit dan butuh waktu lama untuk melihat hasilnya. Ditambah algoritma yang digunakan sulit. SEO melibatkan pembelian software-software. Teknik-teknik SEO yang dipakai sangat banyak. Mungkin tidak ada salahnya bila mau mencoba dari awal namun tentu harus sabar mempelajarinya.
PPC (Pay Per Click) Berbeda dengan SEO, PPC disebut pemasaran abad 21. mengapa disebut pemasaran abad 21? Karena sifatnya instan. Cepat, mudah, dan terukur. Karena mampu memenuhi kebutuhan yang diminta dimana waktu yang dibutuhkan efisien hanya dalam waktu 10 menit, iklan kita mampu ditampilkan ke seluruh dunia. Mudah dalam pengisiannya. Dengan hanya mengisi baris iklan dan nilai penawarannya. Walau dikatakan instan namun dalam proses yang terjadi sebagai pemula kita musti mengatur biaya iklan dan sebenarnya kadangkala belum tentu sesuai dengan yang kita harapkan.

Tips Internet Marketing
o Pertama kali yang mungkin kita bisa lakukan adalah punya planning. Perencanaan yang kita buat akan menjadi awal kita memulai bisnis internet marketing.
o Tujuan atau goal. Bagaimana kita berbisnis kalau tidak punya tujuan. Setiap orang harus punya tujuan dalam hidupnya. Karena tujuan itu yang akan mengarahkan kita kedepannya.
o Optimisme. Berpikir optimis bisa mengarahkan pandangan kita untuk maju. Banyak orang takut mengalami kegagalan dalam bisnis tapi jangan pernah menyerah sebelum mencoba, karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya bila tidak mencoba.
o Jangan membatasi diri. Milikilah pandangan yang luas. Jangan pernah menganggap diri kita rendah. Satu yang saya ingat bahwa penilaian kita terhadap diri kita sendiri sangat menentukan. Jalin relasi dengan banyak calon konsumen berdampak positif pada produk yang sebentar akan ditawarkan.
o Pengembangan diri. Kita perlu banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan marketing agar pengetahuan kita bertambah dan pandangan kita pun semakin luas. Ini pun melatih naluri kita dalam berbisnis.











KESIMPULAN

Sebagai penutup pada artikel ini setelah mempelajari internet marketing saya mengambil beberapa kesimpulan :
1. Belajar internet marketing ternyata tidak gampang. Butuh ketekunan dan kerja keras.
2. Internet marketing bila dipelajari dan dijalankan akan lebih baik secara tuntas hingga menghasilkan banyak uang.
3. Fokus adalah hal yang utama. Fokus pada tujuan menjadi salah satu kunci sukses seorang Anne Ahira yang menekuni bisnis online hingga mampu memotivasi banyak orang untuk mencoba beralih ke bisnis internet marketing.
4. Internet marketing menjadi bisnis masa kini dan yang akan datang. Tidak perlu terlalu sulit untuk memulai bisnis seperti bisnis offline, tetapi dengan modal yang sedikit mampu menjadikan bisnis online berkembang dan memberikan income yang cukup.

Referensi
special-report-1-juta-pertama.pdf
8RahasiaSuksesIM.pdf
http://Internet Marketing Indonesia_TeddyHariadi.com
http://Internet-Marketing-Indonesia.com
http://Internet Marketing Indonesia_asianbrain community and anne ahira.com
http://Internet marketing Indonesia menuju kebebasan financial.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar