Selasa, 19 Oktober 2010

(chandra Rembang/tugas 4)Internet Marketing

IM : THE EASY WAY TO GET MONEY, SKILLS NEEDED
Chandra S Rembang (080213041)

Manusia di seluruh belahan dunia dewasa ini sementara menjalani zaman yang sering disebut ‘masa konvergensi’, dengan Teknologi Informasi sebagai pelaku utamanya. Banyak segi kehidupan kita ketika bersentuhan dengan hal yang satu ini, menyebabkan kita mau tak mau harus beradaptasi dengannya (IT, red), because the world didn’t waiting for you, and its still going on. Manusia sendiri menjadi objek dari Teknologi Informasi yang terus berkembang setiap detik, sehingga apa yang kita tahu dan pelajari saat ini akan tampak ‘usang’ dalam beberapa waktu ke depan. Sementara apa yang tidk kita ketahui sekarang ini, justru akan membuat kita semakin tertinggal. Fast-moving lifestyle.
Digital Life Style; istilah ngetrend yang sering digunakan (salah satunya oleh Bill Gates) ini, tampaknya sudah sering kita dengar, mengacu pada gaya hidup modern yang sarat akan teknologi informasi. Salah satu segi kehidupan manusia yang paling kental bersentuhan dengan tren ini, adalah bisnis. Bisnis yang sarat akan Teknologi Informasi, bisa juga disebut Bisnis dalam era Digital Life Style, telah berkembang menjadi bermacam-macam bentuk; E-Commerce, E-Business, Online Shop, dll. Salah satu yang paling banyak dibicarakan (dan menjadi sentral dalam artikel kali ini), adalah Internet Marketing.
24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun. Memangnya ada? Usaha yang dapat dijalankan full time, tanpa terbatas pada jam kerja? Sementara anda tidak perlu memikirkan lokasi kantor, sewa tempat, jumlah karyawan, dan lain sebagainya? Dan yang terpenting, anda sebagai pengusaha justru tampak seperti orang yang santai; dapat melakukan hal-hal lain yang anda inginkan sementara bisnis terus berjalan?
Jawaban dari pertanyaan tadi adalah ini; Internet Marketing. Apa itu Internet Marketing, mari kita simak lebih lanjut.



I. IM : THE EASY WAY TO GET MONEY
Definisi sederhana dari internet marketing (biasa disebut juga ‘online marketing’ atau ‘web marketing’) adalah menjual barang atau jasa melalui media internet. Online marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan sebagaimana halnya fungsi catalog tercetak pada bisnis offline.
Internet Marketing sebenarnya sama saja dengan marketing pada umumnya. Yang membedakan adalah kita menggunakan internet untuk memasarkan produk. Misalnya, anda menjual produk dengan memakai website sebagai "toko" online anda. Atau bisa juga anda pasarkan lewat mailing list dan forum-forum di internet.
Internet marketing juga bisa mewakili perusahaan dalam memasarkan produknya melalui dunia maya. Dengan internet marketing bisa jadi pengusaha tidak perlu menyediakan kantor ataupun tokonya untuk menjual produknya.
Bisnis melalui internet bisa dioperasikan dari rumah sehingga biayanya bisa jadi sangat kecil dibandingkan harus sewa kantor atau toko. Dua hal penting yang harus dimiliki oleh internet marketing adalah Website dan email.

Lebih efektif mana? Dengan internet atau cara konvensional?
Tiap cara pemasaran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan sifat medianya. Efektif atau tidak, lebih banyak ditentukan oleh bagaimana cara kita memaksimalkan kelebihan dan meminimalkan kekurangan cara pemasaran yang dipilih.
Seperti pada internet marketing, misalnya. Internet punya kelebihan terutama di segi modal awal dan biaya operasional yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan cara konvensional.
Kelemahannya, orang lebih berhati-hati untuk membeli karena mereka hanya bisa melihat tampilan produk tanpa bisa "merasakannya".
Banyak tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan ini. Salah satunya dengan penggunaan domain berbayar (.com, .co.id, dll) untuk meningkatkan kredibilitas bisnis anda. Untuk memperlihatkan kualitas produk, tampilkan testimoni pembeli-pembeli yang puas dengan produk anda.
Semakin hari pengguna Internet semakin banyak. Ini berarti "pasar" di Internet semakin hari semakin tidak terbatas. Tidak ada 'krisis global' di dunia Internet Marketing. Yang terjadi adalah kebalikan! Peluang usaha semakin banyak, dan bertambah setiap hari.
Saat Anda paham betul dan menguasai ilmu Internet Marketing, Anda bisa jualan APA SAJA, dan KE MANA SAJA, semau Anda... sesuka hati! “Di jaman sekarang, dan apalagi tahun-tahun mendatang, orang yang mampu menyatukan ILMU dengan TEKNOLOGI adalah mereka yang akan tampil sebagai pemenang. Mereka akan semakin maju dan semakin kaya!” (Asian Brain Center)

II. IM : THREE WAYS OF THE BUSINESS
Berikut ini ada tiga jenis usaha yang dapat kita lakukan untuk memperoleh penghasilan melalui internet marketing (Selanjutnya disingkat IM) :


1. Product Creation
Cara pertama adalah menjual produk sendiri (Disebut juga Affiliate Merchant). Cara ini tidak dianjurkan bagi para Internet Marketer (Istilah untuk orang yang menjalankan IM,red) Beginner, artinya para pemula yang baru terjun ke bidang ini, karena Menjual Produk Sendiri memiliki cakupan yang lebih luas lagi, jika dibandingkan dengan dua cara yang lain. Modal yang diperlukan juga akan lebih besar (walaupun jika kita sukses dengan cara ini, income yang datang akan jauh lebih besar dari dua cara yang lain.)

2. Affiliate Marketing
Cara kedua adalah Affiliate Marketing, atau menjual produk orang lain, dimana ketika kita berhasil menjual suatu produk dari Affiliate Merchant (orang atau perusahaan yang memiliki produk/jasa yang dipasarkan di internet), maka kita akan mendapatkan komisi?
Komisi? Mungkin terdengar kurang menggairahkan bagi kita. Namun jangan salah dulu. Komisi dalam dunia IM bernilai sampai 75% dari angka produk! Kenapa bisa setinggi itu? Karena Affiliate Merchant tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memproduksi produk ke 2,3 dan seterusnya. Mereka juga tidak perlu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempekerjakan ratusan bahkan ribuan Affiliate Marketer, karena mereka hanya perlu membayar Affiliate Marketer setelah mereka berhasil menjual produk.
Affiliate Marketing adalah suatu bisnis besar. Diperkirakan bisnis ini bernilai sekitar 14 juta dollar setiap tahunnya.
Daftar affiliate program provider no.1 di dunia: Clickbank (tidak bisa untuk orang Indonesia) Alternatifnya, PayDotCom. Disini kita bisa menemukan banyak orang yang bersedia menjadi affiliate marketers anda. Atau andapun dapat mendaftar sebagai seorang affiliate marketers disini.

3. Advertisement Marketing
Cara ini adalah menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain. Artinya, kita mempunyai sebuah website dan orang akan memasang iklan pada website kita. Tentunya kita dibayar.
Di dalam dunia maya, pemain paling besar dan terkenall dalam bidang Ads Marketing adalah Google Adsense. Google Adsense adalah suatu system dari google yang akan menampilkan iklan dari website anda sehingga setiap kali pengunjung website anda meng-klik iklan tersebut, anda akan dibayar.

Tampaknya Ads Marketing jauh lebih menguntungkan dan mudah dibandingkan dengan Affiliate Marketing. Namun pada kenyataannya, pembayaran pada setiap klik Adsense hanya bernilai beberapa cents saja. Sedangkan pada Affiliate Marketing, anda bisa dibayar puluhan hingga ratusan dollar ketika berhasil menjual suatu produk. Sementara orang yang meng-klik affiliate link tidak semuanya membeli. Kebanyakan justru tidak membeli.
Jadi. Lebih baik lagi jika kita mengkombinasikan antara Affiliate Marketing dan Adsense Marketing. Buatlah sebuah websie, yang mendisplay produk-produk yang anda jual (Affiliate Marketing), dan juga memasang iklan Adsense produk-produk lain yang bekerjasama (Adsense Marketing). Jadi, apabila pelanggan tidak tertarik dan tidak membeli produk yang anda tawarkan, mereka masih bisa meng-klik iklan Adsense anda. Dengan begitu anda tetap bisa memperoleh keuntungan.
Untuk apply account di Google Adsense sendiri, kita dianjurkan mempunyai website maupun blog yang berbahasa inggris, karena jika kita menggunakan website berbahasa Indonesia, fitur iklan yang diberikan Google Adsense terbatas. Hal ini bisa dimaklumi karena dalam Internet Marketing, kita bukan bermain dalam pasar Lokal saja, melainkan Pasar Global, dan setiap orang di seluruh belahan dunia dapat menjadi calon pelanggan kita.

Seperti yang ditekankan di atas, Advertisement Marketing dan Affiliate Marketing dianjurkan bagi para pemain IM pemula. Dan ketika nantinya anda cukup yakin, punya skill dan modal yang cukup, kita bisa mencoba cara yang pertama, Product Creation, yang sebenarnya memberikan keuntungan paling besar diantara ketiga cara ini. Bayangkan jika kita sebagai Affiliate Merchant membawahi ratusan bahkan ribuan affiliate marketers, berapa keuntungan yang anda dapatkan ketika setiap mereka berhasil menjual satu produk saja?

III. IM : SKILLS NEEDED
Mungkin anda sering mendengar, bahwa menjalankan IM itu gampang. Klik sini, bikin website, klik situ, kemudian dollar pun mengalir.

Namun pada kenyataannya, apa yang anda dengar itu SALAH. IM bukanlah bisnis yang semudah itu. Ditengah-tengah berbagai macam kemudahan dan mobilitas yang ditawarkannya, IM sebenarnya membutuhkan perhatian dan pembelajaran khusus bagi setiap Marketer yang mau terjun di dalamnya.
Kehidupan seorang internet marketer memang terlihat santai, bekerja dirumah, jalan-jalan kemanapun dia mau bisa, uang datang terus 24 jam / 7 hari tanpa bisa di stop, dst. Tapi apakah anda tahu di balik itu, seorang internet marketer yang sukses mempunyai jam kerja diatas jam kerja orang-orang normal. Mereka biasa tidur jam 4 pagi, mereka disiplin, pandai berhitung untung rugi, pandai dalam melakukan riset pasar, jeli dalam melihat peluang. Intinya pola pikir mereka tidak sesantai penampilannya. Dan semuanya itu tidak bisa didapat dengan instan. Ketika anda ingin menekuni bidang ini, maka jangan ragu untuk mengeluarkan biaya ekstra, belajar pada ahlinya.
Dewasa ini, begitu banyak orang / jasa yang menyediakan tempat belajar IM, baik secara offline maupun Online. Hal ini muncul karena adanya kesadaran dari banyak pihak bahwa bisnis IM bukanlah bisnis gampangan, dan tidak sembarang orang bisa berhasil dalam bisnis ini. Tidak sedikit orang-orang jaman sekarang yang banting stir menjadi Full-Time Internet Marketers, dan tentunya mereka siap menanggung resiko dari jalan yang mereka pilih. Biasanya, suatu bisnis IM kurang menunjukkan hasil yang baik pada 6 bulan – 1 tahun pertama!
Salah satu kursus IM yang dinilai berkualitas dan berkompeten adalah Asian Brain Center, yang ditangani langsung oleh Anne Ahira. Anne Ahira dikenal sebagai Internet Marketer no. 1 di Indonesia dan telah diakui di Kancah Internasional. Usaha yang dikembangkannya ini telah berkembang pesat, dan terbukti telah melahirkan banyak Internet Marketer yang berkompeten di bidangnya.

Simak komentar dari beberapa orang Internet Marketers yang belajar di Asian Brain ini :
“Nama Saya Arief. Saya seorang pegawai swasta. Dulu saya pikir tidak mungkin seseorang bekerja di rumah bisa punya penghasilan ribuan dollar per bulan. Saya akui saya SALAH. Setelah belajar 1 tahun dengan Anne Ahira, Berpenghasilan ratusan dollar per hari melalui internet bukan hal yang aneh lagi bagi saya! Thank you Ahira for giving me choices. Indonesian, it's your call! “
-- Arief H

“Saya Hendy. Saya termasuk orang yang gaptek! Sebelum belajar di Asian Brain yaitu pada Januari 2007, saya hanya tahu menerima dan mengirim email saja. :-) Setelah belajar bersama Ibu Guru Anne Ahira dan juga para senior yang ada di member forum, Alhamdulillah, akhirnya bulan September kemarin saya mulai berpenghasilan sebesar $2,916.28. Dan bulan Oktober ini (belum kelar) penghasilan saya sudah $2,139.55.. dan terus bertambah! Terimakasih banyak Anne Ahira atas ilmunya. Akhirnya saya betul-betul percaya bahwa Internet Marketing ini bisa saya jadikan pegangan. “
--Hendy

“Nama saya Riyanto. Bergabung dengan Asian Brain adalah salah satu KEPUTUSAN TERBAIK yang pernah saya buat! Bagaimana tidak, setelah saya belajar dengan Anne Ahira dan menerapkan ilmunya, akhirnya saya pun memiliki penghasilan online! Sisa KPR rumah yang seharusnya saya cicil selama 14 tahun lagi, LUNAS sudah dari penghasilan bisnis online yang diajarkan oleh Ahira! :-) Terima kasih Ahira, semoga Ahira semakin lebih sukses, dan semakin bisa banyak berbagi. Anda orang yang luar biasa!”
--Riyanto

“Saya Mayliana Maureen. Seorang Ibu rumah tangga. Banyak orang bertanya kenapa mau belajar sama Ahira? Saya bilang, Ahira itu orang Indonesia yang sudah diakui sebagai Internet Marketer Kelas Dunia. Dia sudah banyak diekspos media. Saya percaya sama Ahira; kebaikan, kepedulian, dan ketulusannya sudah saya kenal melalui tulisan-tulisannya. Fokus pada pelajaran yang diberikan Ahira dan terus praktek memang terbukti bagi saya untuk dapat berpenghasilan dari internet... “
--Mayliana Maureen

Dari berbagai pengalaman para Internet Marketers yang belajar di Asian Brain di atas, dapat menguatkan statemen saya sebelumnya, bahwa mereka yang ingin berhasil dalam IM harus menyediakan waktu, tenaga, dan mau belajar dengan sungguh-sunnguh. Skills Needed!

IV. IM : IMPORTANT PART TO BUILD
“Saya sudah siap untuk menggeluti IM, sekarang apa yang saya perlukan?” Pertanyaan ini pasti terlints dalam benak anda. Berikut saya coba rangkum apa saja yang ‘diperlukan’ dalam bisnis ini.

1) PC / Laptop, Internet
Kedua hal ini adalah alat penunjang mutlak yang anda butuhkan. Jika tidak ada, anda bisa ke warnet murmer(murah meriah) atau jika anda punya laptop anda bisa ke tempat tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi Hotspots Gratis. Untuk mencari hotspot di daerah anda coba ke situs ini, http://www.totalhotspots.com/directory/id/

2) Supported Application
E-mail, mutlak diperlukan. Sebagai sarana komunikasi antara anda dengan kostumer. Buatlah account e-mail khusus untuk usaha anda, jangan samakan dengan e-mail pribadi, karena e-mail IM anda akan digunakan untuk kepentingan khalayak ramai; setiap costumer di seluruh dunia.
Pastikan di komputer anda ada pengolah dokumen seperti MSWord. Jika tidak ada coba Open Office, sangat mirip dengan MSWord keunggulannya bisa langsung merubah format ke PDF. Download GRATIS disini, http://download.openoffice.org/
Lalu anda perlu HTML Editor seperti Front Page atau Dreamweaver. Jika tidak punya download HTML Editor alternatif NVU GRATIS, http://www.nvu.com/ Yang satu ini juga penting, pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Anda bisa download GRATIS alternatifnya, GIMP http://www.gimp.org/
Alat untuk membuka format PDF, biasanya di computer sudah tersedia, kalau belum silahkan download gratis disini, http://www.adobe.com/products/acrobat/readstep.html Alat untuk mengubah format dari word ke format PDF, download gratis disini, http://www.pdf995.com/

3) Niche
Menentukan kita akan bergerak dalam bidang apa. Hal ini sering disebut Niche Pertanyaan paling mendasar dalam bidang ini adalah, apakah Niche yang kit pilih disukai/ diminati banyak orang? Percuma memilih niche yang kita kuasai, kalau niche tersebut tidak diminati banyak orang.
Beberapa situs membantu kita dalam mencari niche, dengan menampilkan keyword-keyword tertinggi yang paling banyak diakses orang. Coba http://pulse.ebay.com, atau bisa juga di salah satu Google system, Google Keyword Tools.

4) Website, Domain, Hosting
Langkah selanjutnya anda harus punya website. Ini mutlak! Aneh kalau ngakunya seorang internet marketer tapi tidak punya website. Sekarang untuk mempunyai website tidak sesusah yang dibayangkan. Anda tahu blog? Blog merupakan jurnal online. Membuat blog sama mudahnya dengan membuat email di Yahoo! atau Gmail.
Banyak penyedia layanan blog gratis. Salah satunya Blogger, anda bisa daftar langsung disini, https://www.blogger.com/ . Kelemahan dari blog gratis adalah alamat website anda akan seperti ini, contoh blog dengan menggunakan Blogger, http://namawebsiteanda.blogspot.com/ agak sulit untuk diingat kan? Dan terlihat “gratisannya” .
Beda dengan http://www.namawebsiteanda.com Untuk membeli nama domain tersebut anda membutuhkan lebih kurang $8/th, bisa dilihat di namecheap.com. Setelah punya domain anda pasti anda perlu hosting, agar website anda bisa diakses oleh orang banyak. Kalau anda menggunakan wordpress.org anda bisa menset blog di komputer anda sendiri selanjutnya anda upload ke perusahaan hosting. Untuk membuat website GRATIS secara instant masuk ke situs ini, http://www.2serveu.net/free_website_generator.htm

5) Build The Markets
Langkah selanjutnya memasukkan produk yang akan anda jual ke dalam blog anda. Kalau anda suka menulis, anda bisa menulis sesuai dengan ketertarikan anda. Lalu dari mana saya dapat uangnya? Masukkan iklan atau produk affiliate yang sesuai temanya ke dalam website anda. Salah satu program iklan terkenal di dunia adalah Google Adsense. Anda akan menerima uang jika ada yang mengklik iklan yang anda pasang di website anda. Jika anda tidak punya atau belum berencana membuat produk sendiri, anda bisa menjadi marketing dari pemilik produk atau mendaftar menjadi affiliate dari penyelenggara program affiliasi pihak ketiga (yaitu, suatu perusahaan yang mengakomodasi ‘individu atau perusahaan yang punya produk’ dan ‘orang-orang yang mau memasarkan produk-produk tersebut’)

6) Payments Systems
Sampai tahap ini anda sudah bisa membuat nama domain dan hosting, sudah punya website atau blog, sudah mendaftar sebagai marketer di perusahaan affiliate provider. Tahap selanjutnya anda harus punya alat pembayaran online. Ibaratnya anda punya bank virtual. Gunanya apa? Paypal diibaratkan seperti mempunyai mesin gesek seperti di toko-toko offline (transaksi di internet hampir 99% menggunakan karu kredit). Jika anda punya produk sendiri anda bisa menggunakan Paypal untuk menerima pembayaran dari konsumen anda. Salah satu kegunaan lainnya adalah menerima komisi dari affiliate provider, seperti PayDotCom. Tidak mungkin anda minta transfer komisi langsung ke rekening anda di Indonesia..untuk beberapa kasus ada perusahaan yang bisa! Tapi umumnya menggunakan jasa pihak ketiga. Jasa pihak ketiga no.1 didunia dalam hal transaksi online adalah Paypal.
Kenapa saya rekomendasikan Paypal? Karena hampir semua transaksi online menggunakan jasanya, Indonesia baru saja diterima menjadi negara yang bisa menggunakan fasilitas Paypal dan yang terpenting gratis pendaftarannya.

7) Auto-Responder
Otomatiskan bisnis anda. Salah satu caranya dengan menggunakan alat yang namanya autoresponder. Alat ini sangat penting dalam menjalankan bisnis internet marketing. Ini salah satu keunggulan dari bisnis online. Autoresponder merupakan alat bantu follow up melalui email dan bekerja secara otomatis.
Cara kerjanya begini, jika anda mempunyai website yang menjual sebuah produk, apakah setiap pengunjung yang datang langsung membeli produk anda? Kebanyakan sih tidak. Lalu bagaimana cara agar kita tetap dapat berhubungan dan mem-follow-up pengunjung itu hingga akhirnya membeli produk yang kita pasarkan? Pertama, anda perlu menset email follow-up di autoresponder. Kedua, buat kolom untuk “menangkap” nama dan email pengunjung. Ketiga, autoresponder bekerja otomatis mengirimkan email follow up sesuai dengan yang sudah anda set sebelumnya.
“Kalau hanya begitu sih kirim manual aja!”. Bisa dengan cara begitu, jika kotak email anda di bawah 50 orang. Diatas itu waktu anda akan habis hanya untuk mengirim email penawaran. Dengan autoresponder anda bisa set sebanyak-banyaknya email follow-up, dan jarak waktu pengiriman bisa juga di set, dikirimkan tiap hari, 2 hari sekali, seminggu sekali.. terserah anda.

8) Traffic
Tahap selanjutnya mendatangkan traffic/pengunjung ke website anda. Sebagus apapun website atau produk yang anda tawarkan tidak akan menghasilkan uang kalau tidak ada yang tahu.

Beberapa cara mendatangkan traffic gratis:

- Daftarkan website anda ke search engine dan directory,
Google: http://www.google.com/addurl.html
Yahoo!: http://www.content.overture.com/d/
Altavista: http://addurl.altavista.com/addurl.html
- Optimalkan website anda, biasa disebut SEO (Search Engine Optimization)
SEO adalah sebuah teknik untuk meningkatkan posisi website anda dalam sebuah search engine, seperti Google atau Yahoo.
- Mendaftarkan website anda di situs social bookmarking,
www.Ping-O-Matic.com
www.Technorati.com
- Tulis artikel dan masukkan artikel anda ke artikel direktori seperti www.ezinearticles.com. Jangan lupa cantumkan nama dan alamat website anda disetiap artikel yang anda submit.
- Aktif di forum yang membahas tema yang sama dengan website anda.

Cara-cara diatas perlu anda ingat dalam membangun suatu IM. Ulangi setiap langkah-langkah tersebut untuk setiap riset / produk baru yang akan anda tawarkan. Seorang Internet Marketer yang sukses adalah mereka yang terus belajar dan terus memaksimalkan setiap sudut yang ada.


V. IM : LAST WORD

Sampai sini, saya mengharapkan anda sekalian telah memiliki konsep dasar terhadap IM. Berikut kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan di atas :

I. Internet Marketing adalah Jawaban dari apa yang anda cari selama ini; bisnis yang menjawab berbagai macam tantangan yang mungkin kita temukan dalam bisnis Konvensional. This is the Easy Way to Get Money. The business in Diital Lifestyle Era
II. Afiliate Marketing, Advertisement Marketing, Product Creation. Silahkan pilih cara mana yang akan anda jalani dalam IM, tentunya dengan memperhatikan kompetenesi kita masing-masing. Setiap cara mempunyai keunggulan dan kelebihannya masing-masing.
III. Skills Needed. Tidak ada yang gampang di dunia ini, termasuk juga IM. Ingin menekuni bidang ini, silahkan berikan perhatian dan waktu khusus. Jangan main-main. Belajarlah pada ahlinya. Perusahaa-perusahaan bersertifikasi dan kompeten. “Pengorbanan” yang kita lakukan sekarang pasti akan berbuah manis untk beberapa bulan ke depan
IV. Build The Systems. Seriously. Sebenarnya membangun Sebuah system IM tidaklah sulit, asalkan kita memperhatikan Kaedah dan Paradigma yang ada.

Akhir kata, semoga Artikel ini dapat menambah wawasan anda, terutama dalam bidang IM tentunya. Learn now, cause the world didn’t waiting For You. Internet Marketing; The Easy Way to get Money, Skills Needed.

By : Chandra S Rembang - 080213041
Mahasiswa Teknik Elektro Minat Konsentrasi Informatika 2008
Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado
Mail : spencer.parispotter@gmail.com
Blog : http://chanspencer.blogspot.com




Sumber :
I. Asian Brain Centers, Anne Ahira Blogs
II. PDF files, “Internet Marketing Modal Dengkul” By Alief Setiawan
III. PDF files, “1 Juta Rupiah Pertama Anda Lewat Internet” By Welly Mulia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar