Selasa, 19 Oktober 2010

(Jiesianti D Doerachman/tugas 4) INTERNET MARKETING


Makalah
Internet Marketing

Latar Belakang

Berasal dari dua suku kata , yaitu internet dan marketing. Jika kita rinci , Internet adalah sebuah jaringan yang  menghubungkan orang satu dengan lainnya, sedangkan marketing adalah ilmu dalam menjual barang atau memasarkan sesuatu. Jadi internet marketing secara lengkapnya adalah cara memasarkan sesuatu lewat  internet. Hampir semua perusahaan besar telah memanfaatkan internet marketing untuk melebarkan sayap pemasarannya.  Expansi besar-besaran perusahaan lewat internet marketing telah menciptakan banyak lapangan kerja baru , yang saat ini telah menjadi sebuah gengsi tersendiri dikalangan tertentu ini merupakan hal yang baru bagi sebagian orang , dan dibagian lain telah menjadi darah daging yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Dan pekerjaan di bidang internet marketing telah menjadi sebuah mata sumber penghasilan bagi banyak orang di dunia. Jika dipandang dari sudut penghasil Bisa jadi orang akan bangrut jika tidak tahan banting dan tidak sabar , dan bisa jadi orang akan cepat kaya raya jika cerdik dan cepat dalam bertindak. Banyak orang yang kaya raya dari internet marketing. banyak orang yang bersyukur bisa mengenal internet marketing ini , dan banyak pula yang jera,putus asa dan kalah sebelum bertanding . Dari internet kita ketahui banyak sekali tercipta lapangan kerja baru,dimulai dari penyediaan perangkat keras,seperti komputer,laptop,dan lain-lain, Kemudian software yang diciptakan untuk memudahkan dalam ber internet marketing.Ada bagian yang menyediakan koneksi internet ,ada bagian yang menjual domain, bagian yang menjual hosting,lalu bagian jaringan, kabel,dan lain-lain. Masuk kedalam, terciptalah berbagai jasa , seperti jasa pembuatan website,jasa pembuatan layout website ,jasa mengimput kontent ke website , jasa merawat website , jasa pengoptimalan website , jasa jual beli website dan lain-lain . Dilain pihak internet telah menumbuh suburkan pendidikan di bidang ini, karena begitu antusiasnya orang-orang untuk mepelajari internet marketing , maka terciptalah ratusan lembaga pendidikan yang khusus mengajarkan internet marketing . di Indonesia sendiri salah satu lembaga pendidikan internet marketing terbesar yang berbadan hukum bisa lihat yaitu , lembaga pendidikan lain seputar internet marketing yang cara pembelajarannya lewat ebook. Lepas dari dunia pendidikan  , lapangan kerja baru internet marketing , adalah dibidang iklan. Dari iklan , sudah ratusan miliar dollar diserap. Beberapa bisnis iklan terbesar contohnya adsense, citika, YSM (yahoo Search marketing)dan lain-lain. Itu bisnis iklan di luar negeri, yang didalam negeri contohnya kumpul blogger ,kliksaya , ppcindo, adsensecamp , dan lain-lain. Internet marketing juga telah menyuburkan penyebaran ilmu lewat penjualan buku , baik buku elektronik(ebook) atau pun buku organik(buku secara fisik), dan ini akhirnya ikut pula mendongkrak bisnis jasa antar barang. tercatat mampu pula untuk menjual aneka barang fisik lainnya, mulai dari peniti,kancing,televisi,laptop, dan bahkan pernah terjual kapal laut. Salah satu pioneer dibidang penjualan barang fisik adalah ebay, dan kemudian belakangan amazon mulai ikut memasarkan barang-barang sejenis.


Tujuan
Tujuan dari internet marketing ini membantu dalam berbisnis melalui layanan internet,dapat memudahkan untuk melakukan pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media internet (online). Selain itu internet marketing bukan hanya berperan didalam pekerjaan melainkan sudah meliputi bagian pendidikan. Oleh karena itu internet marketing ini sudah sangat pesat. Dan bertujuan agar masyarakat beradaptasi dengan lingkungan pasar dunia maya. Selain itu internet marketing juga bertujuan mengetahui keinginan konsumen, mengalokasi produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan tersebut, membuat seorang konsumen tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Seorang marketer punya tugas utama membuat konsumen mengenal produk atau jasa yang ditawarkan melalui teknik-teknik marketing. Tanpa usaha marketing, sebuah perusahaan biasanya tidak akan sukses dalam jangka waktu yang lama.

            Pembahasa
Sejarah Internet Marketing
Sejarah Internet Marketing sebenarnya dimulai bersamaan dengan sejarah hadirnya internet itu sendiri. Sejak awal diciptakannya, internet sudah membawa fitur-fitur yang cocok untuk marketing.
Kemajuan teknologi pendukung internet seperti munculnya beragam bahasa pemrograman dan database membuat internet marketing menjadi lebih menarik, hingga akhirnya muncul berbagai jenis variasi internet marketing, seperti:
a)      Search engine marketing: Mengoptimalkan website sehingga dapat diindeks di bagian atas search engine. Hal ini disebut juga sebagai search engine optimization.
b)      Display advertising: Menampilkan produk-produk di website.
c)       E-mail marketing: Idenya adalah menampilkan produk di email, sebagai pengganti pengiriman brosur secara manual menggunakan pos.
d)     Affiliate marketing: Mengajak orang untuk mengunjungi situs tertentu dengan cara afiliasi.
e)      Interactive advertising: Pembuatan iklan dalam bentuk animasi atau gambar untuk mengiklankan sesuatu.
f)       Blog marketing: Menggunakan blog/web blog untuk memasarkan sesuatu, baik secara langsung dari pihak perusahaan maupun karyawannya atau melalui layanan pihak ketiga.
g)      Viral marketing: Menggunakan media jaringan sosial untuk mebuat sebuah brand tertancap di benak banyak orang.

Jadi Pengertian Internet Marketing di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran (electronic)dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline.
Internet hanya menjadi bagian kecil dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat luas. Dalam pengertian ini, e
-marketing mungkin sangat dekat dengan fungsi promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing tradisional. Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di Internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dan sebagainya, pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan. Untuk perusahaan-perusahaan yang hidup di sepenuhnya di Internet, pengertian marketing yang umum mungkin lebih tepat.

Adapun informasi tentang www e-marketing World Wide Web (www) telah menyediakan roda besar di bidang perniagaan bagi banyak perusahaan.  Melalui media tersebut, para pemain bisnis mendapatkan menfaat kecepatan, efisiensi, dan efektivitas pengeluaran dari penggunaan website untuk mendapatkan kembali keuntungan investasi dari periklanan dan kampanye promosi yang tidak didapatkan dalam promosi media tradisional.
Beberapa bentuk aktivitas e-Marketing yaitu iklan banner/tombol dan link-link website, email marketing dan newsletter, afiliasi marketing, klasifikasi produk online, dan pemanfatan mesin pencari.
Bentuk-bentuk aktivitas tersebut dapat mewakili keseluruhan kegiatan marketing perusahaan dengan mengarahkan calon konsumen mengunjungi sebuah website penjualan online yang dimiliki perusahaan tersebut untuk meningkatkan statistik kunjungan dan penjualan.

Adapun beberapa manfaat yang diperoleh dari bisnis www e-marketing antara lain :
·         Branding. Produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dapat ditampilkan secara visual, bahkan saat ini semakin marak dengan audio dan video streaming yang terpasang melalui media internet.
·         Direct Response (respon langsung). eMarketing menawarkan kecepatan. User dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha promosi dan iklan melalui internet.
·         Targeting (penentuan target pasar). Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun kode-kode website tertentu) dapat mentarget pengguna atau calon konsumen.
·         Tracking (pelacakan). Elemen yang paling kuat dari eMarketing ialah, hampir apa saja bisa dilacak dan bisa dilihat secara instan. Ini berarti, jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak bekerja, anda bisa mengatasinya.
·         Return on Investment (kembali modal). Karena kekuatan tracking yang begitu bagus, anda bisa memastikan bahwa modal anda dapat kembali. Dengan dapat menentukan seberapa banyak orang yang melakukan klik terhadap banner iklan atau link email, para pemilik usaha dapat mengkalkulasi kembalinya modal investasi dengan mudah.
·         nexpensive (tidak mahal). eMarketing, terutama email dan membeli keywords (kata kunci) pada mesin pencari internet adalah relatif murah, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Biaya email biasanya sudah tergabung dengan biaya koneksi kepada Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider) yang masuk dalam layanannya. Pembelian keyword dapat dilakukan kepada perusahaan search engine seperti Google dan Yahoo.

Didalam www e-marketing banyak sekali tipe yang digunakan untuk  Pemasaran secara online (eMarketing) dapat dikategorikan dalam beberapa elemen yang tertulis dalam poin-poin di bawah ini. Setiap metode mempunyai tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum melakukan investasi eMarketing, pastikan  menggunakan elemen yang tepat.
·         Banner Advertisement (iklan melalui banner). Adalah file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli membeli produk anda.
·          Sponsorship. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin sebelumnya.
·         Classified Listings (daftar produk terklasifikasi). Seperti pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online merupakan cara yang sangat baik  memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti di http://www.ebay.com.
·         Email Marketing (pemasaran melalui email). Email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
·         Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi). Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk. Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalah http://www.amazon.com.
·         Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari). Banyak pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization.
·         Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial). Beberapa situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai senjata eMarketing anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip antara lain: www.YouTube.com, www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.Grouper.com. Facebook dan Friendster juga menyediakan fasilitas embed audio dan video. Menggunakan situs jejaring sosial merupakan cara efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan pengetahuan dan komunikasi anda. Banyak sekali situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Namun hati-hati, jangan menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut dapat menjadi boomerang dan menjatuhkan reputasi anda.
Adapun yang harus diketahui oleh pengguna internet marketing yaitu ada tiga hal yang bisa mengubah  marketing .
·         Pertama, marketing bukan lagi functions, tapi activity.
·         Kedua, marketing bukan hanya proses untuk creating, communicating, delivering, tetapi juga proses untuk exchanging. Perubahan ini saya duga karena dipicu oleh semakin menguatnya posisi konsumen karena Internet dalam hal ini Internet Marketing.
·         Ketiga, target market marketing bukan hanya customers, clients dan partners, tetapi juga masyarakat luas (society at large).
Definisi internet marketing
ü  Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut:E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

ü  Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing.

ü  Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.

ü  menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

ü  Menurut Jamal (1996:18) Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan yaitu:

a)      Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b)      Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan. 

Keuntungan dan Kelemahan

Adapun keuntungan dan kelemahan dari internet marketing yang biasa terjadi didalamnya sebagai berikut :
Keuntungan dan batasan dari internet marketing :
Internet marketing menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan marketing konvensional. Baik ditinjau dari efektifitas maupun efisiensi. Berikut ini beberapa keuntungannya:
a)      Skalanya yang sangat luas. Mengukur jangkauan internet marketing tidak hanya berupa skala kota atau negara, jangkauannya adalah global.
b)      Banyaknya informasi yang dapat disampaikan.
c)       Konsumen memperoleh gambaran yang lebih baik tentang suatu perusahaan atau produk.
d)     Lebih hemat biaya.
Walaupun demikian, Internet Marketing memilki batasan, seperti:
a)      Privacy: Beberapa perusahaan yang menerapkan e-commerce kadang membagi-bagi informasi yang seharusnya rahasia kepada perusahaan lain, sehingga membuat konsumen menjadi tidak nyaman.
b)      Security: Maraknya kejahatan internet membuat orang was-was untuk menggunakan layanan internet marketing. Kejahatan seperti carding, sniffing dan lainnya membuat orang-orang lebih memilih bertransaksi menggunakan metode konvensional.
Kelemahan dari internet marketing :
Kekurangan Internet marketing (pemasaran online) yaitu
a)      mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
b)      Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan, misalkan: Jika perusahaan membangun website terlalu besar dan rumit, sementara individu terhubung ke Internet melalui sambungan dial-up atau ponsel mungkin mengalami penerimaan informasi yang lebih lama.
c)      Di sisi lain, konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.













Penutup
Kesimpulan
            Didalam berbisnis dengan menggunakan internet sangatlah memudahkan pengguna dalam melakukan promosi.ini baik dari sisi penjual maupun pembeli dikarenakan saling menguntungkan dilihat dari sisi penjual tidak perlu membuang waktu yang panjang untuk mempromosikan barang yang dimiliki hanya dengan menggunakan layanan internet yang sekarang ini lebih maju dapat meyakinkan prmbeli.lalu dilihat dari pembeli tidak perlu susah payah datang ketempat tujuan barang yang ingin dibeli hanya dengan memanfaatkan layanan internet pembili dapat membeli barang yang diinginkan. Seiring dengan perkembangan zaman ilmu dan teknologi sekarang ini sangatlah perperan aktif.

Saran
            Agar kita dapat mengikuti perkembangan zaman dikarenakan perkembangan zaman ini sangatlah maju. Awalnya perdagangan hanya dilakukan dipasar(lokasi) yang menjadi tempat pembelian dengan keadaan face to face ,tetapi sekarang ini perdangan bisa dilakukan tanpa face to face melalui layanan internet. Sehingga di anjurkan kepada semua masyarakat agar dapat mengikuti perkembangan zaman saaat ini.

Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar