Rabu, 20 Oktober 2010

(Christhy Mononimbar/tugas 4)Internet Marketing

Pada zaman sekarang ini ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan banyak uang. Berikut ini adalah cara bagi seseorang yang bisa memperoleh uang lewat bisnis ini, yaitu Internet Marketing.
I. Apa itu Internet Marketing?
Secara garis besar Internet Marketing adalah melakukan suatu tindakan pemasaran produk atau suatu jasa yang di pasarkan melalui media internet (online). Dalam Pengertian Internet Marketing di sebut juga e-marketing atau e-pemasaran (electronic) dan tidak jauh berbeda dengan pemasaran secara offline.
Internet Marketing (emarketing) adalah proses bertumbuh dan mempromosikan suatu organisasi menggunakan media online. (Wikipedia)
Ada begitu banyak pengertian dari Internet marketing ? Dibawah ini akan disajikan pengertian Internet Marketing yang ditelaah dari beberapa sudut, yakni:
Internet marketing ditelaah dari segi bahasa :
Berasal dari dua suku kata , yaitu internet dan marketing.Jika kita rinci , Internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan orang satu dengan lainnya, sedangkan marketing adalah ilmu dalam menjual barang atau memasarkan sesuatu. Jadi internet marketing secara lengkapnya adalah cara memasarkan sesuatu lewat internet.
Internet marketing ditelaah dari sudut bisnis ,
Hampir semua perusahaan besar telah memanfaatkan internet marketing untuk melebarkan sayap pemasarannya. Expansi besar-besaran perusahaan lewat internet marketing telah menciptakan banyak lapangan kerja baru , yang saat ini telah menjadi sebuah gengsi tersendiri dikalangan tertentu
Internet marketing ditelaah dari sudut pekerjaan :
Sudah barang tentu merupakan hal yang baru bagi sebagian orang , dan dibagian lain telah menjadi darah daging yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Dan pekerjaan di bidang internet marketing telah menjadi sebuah mata sumber penghasilan bagi banyak org di dunia
Internet marketing dipandang dari sudut hasil :
Bisa jadi orang akan bangkrut jika tidak tahan banting dan tidak sabar , dan bisa jadi orang akan cepat kaya raya jika cerdik,sigap dan cepat dalam bertindak. Banyak orang yang kaya raya dari internet marketing. banyak orang yang bersyukur bisa mengenal internet marketing ini , dan banyak pula yang jera,putus asa dan kalah sebelum bertanding .
Internet marketing dilihat dari terciptanya pekerjaan baru :
Lapangan kerja: Dari internet kita ketahui banyak sekali tercipta lapangan kerja baru,dimulai dari penyediaan perangkat keras,seperti komputer,laptop,dan lain-lain, Kemudian software yang diciptakan untuk memudahkan dalam ber internet marketing .Ada bagian yang menyediakan koneksi internet ,ada bagian yang menjual domain, bagian yang menjual hosting,lalu bagian jaringan, kabel,dan lain-lain. Masuk kedalam, terciptalah bergai jasa , seperti jasa pembuatan website,jasa pembuatan layout website ,jasa mengimput kontent ke website , jasa merawat website , jasa pengoptimalan website , jasa jual beli website dan lain-lain .
Dilain pihak internet telah menumbuh suburkan pendidikan di bidang ini, karena begitu antusiasnya orang-orang untuk mepelajari internet marketing , maka terciptalah ratusan lembaga pendidikan yang khusus mengajarkan internet marketing . di Indonesia sendiri salah satu lembaga pendidikan internet marketing terbesar yang berbadan hukum yang saya ketahui bisa anda lihat disini , lembaga pendidikan lain seputar internet marketing yang cara pembelajarannya lewat ebook bisa lihat disini.
Lepas dari dunia pendidikan , lapangan kerja baru internet marketing , adalah dibidang iklan. Dari iklan , sudah ratusan miliar dollar diserap. Beberapa bisnis iklan terbesar contohnya adsense, citika, YSM (yahoo Search marketing)dan lain-lain. Itu bisnis iklan di luar negeri, yang didalam negeri contohnya kumpulblogger ,kliksaya , ppcindo, adsensecamp , dan lain-lain.
Lapangan kerja internet marketing lainnya adalah : PTR (Paid to Review) yaitu kita akan dibayar untuk melakukan review atas sebuah produk.
PTC , (Paid to clikck ) yaitu kita akan dibayar jika kita mengklik iklan .
PTS ( Paid to Survey) kita akan dibayar saat kita melakukan sebuah survey atas produk, dan sebagainya .
Internet marketing juga telah menyuburkan penyebaran ilmu lewat penjualan buku , baik buku elektronik(ebook) atau pun buku organik(buku secara fisik), dan ini akhirnya ikut pula mendongkrak bisnis jasa antar barang. Di tingkat internasioanl, clickbank adalah salah satu pioneer dalam mengorganisir penjualan ebook, sedangkan amazon.com adalah salah satu pemrakarsa penjualan buku fisik keseluruh dunia. Kita sebagai calon atau pelaku internet marketing , bisa ikut menikmati hasil dari jaringan penjualan buku ini dengan menjadi “pialang” yang lebih dikenal dengan affiliate.
Lepas dari bisnis buku, internet marketing tercatat mampu pula untuk menjual aneka barang fisik lainnya, mulai dari peniti,kancing,televisi,laptop, dan bahkan pernah terjual kapal laut. Salah satu pioneer dibidang penjualan barang fisik adalah ebay, dan kemudian belakangan amazon mulai ikut memasarkan barang2 sejenis.
Untuk bidang cashbill atau alat pembayaran , internet marketing telah menciptakan sebuah mata uang baru yang dipercaya lebih aman. Paypal adalah salah satu yang tebesar yang menguasai pangsa pasar bidang penanganan pembayaran antara pembeli dan penjual. Sebagai pelaku internet marketing , sudah seperti “kewajiban” untuk memiliki paypal ini.
Untuk perusahaan yang berbasis dunia nyata (brick and mortar business) yang menjadikan Internet hanya sebagai sebuah media.
Sebagai “sarana baru” atau “pasar baru”, Internet hanya menjadi bagian kecil dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat luas. Dalam pengertian ini, emarketing mungkin sangat dekat dengan fungsi promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing tradisional.

Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di Internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dsb, pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan.
Untuk perusahaan-perusahaan yang hidup di sepenuhnya di Internet, pengertian marketing yang umum mungkin lebih tepat. Meminjam kembali definisi dari Wikipedia, “Marketing is the process of identifying the consumers’ wants and needs and making the product to satisfy these.”
Di dalamnya, ada aspek strategis, ada aspek teknis. Rasanya pengertian itu lebih pas. Supaya emarketing tidak hanya berkisar pada SEO, emai marketing, affiliate marketing yang merupakan satu bagian dari sebuah aktivitas marketing yang komprehensif.

 E-Marketing (Electronic Marketing) : Definisi dan Manfaat

Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.
Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).
Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.
Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.

eMarketing: definisi dan strategi
Apa itu www eMarketing?
World Wide Web (www) telah menyediakan roda besar di bidang perniagaan bagi banyak perusahaan. Melalui media tersebut, para pemain bisnis mendapatkan menfaat kecepatan, efisiensi, dan efektivitas pengeluaran dari penggunaan website untuk mendapatkan kembali keuntungan investasi dari periklanan dan kampanye promosi yang tidak didapatkan dalam promosi media tradisional.
Beberapa bentuk aktivitas eMarketing yaitu iklan banner/tombol dan link-link website, email marketing dan newsletter, afiliasi marketing, klasifikasi produk online, dan pemanfatan mesin pencari.
Bentuk-bentuk aktivitas tersebut dapat mewakili keseluruhan kegiatan marketing perusahaan dengan mengarahkan calon konsumen mengunjungi sebuah website penjualan online yang dimiliki perusahaan tersebut untuk meningkatkan statistik kunjungan dan penjualan.

Manfaat Bisnis www eMarketing?
Beberapa manfaat yang diperoleh dari eMarketing antara lain:
• Branding. Produk, layanan, logo-logo perusahaan, dan penawaran dapat ditampilkan secara visual, bahkan saat ini semakin marak dengan audio dan video streaming yang terpasang melalui media internet.
• Direct Response (respon langsung). eMarketing menawarkan kecepatan. User dapat merespon dengan mudah dan cepat. Tentu hal ini mengantarkan pebisnis dalam mendapatkan hasil dengan segera dari kegiatan usaha promosi dan iklan melalui internet.
• Targeting (penentuan target pasar). Dengan teknologi yang digunakan (seperti rss, milis, forum, maupun kode-kode website tertentu) dapat mentarget pengguna atau calon konsumen.
• Tracking (pelacakan). Elemen yang paling kuat dari eMarketing ialah, hampir apa saja bisa dilacak dan bisa dilihat secara instan. Ini berarti, jika ada sesuatu dalam sistem yang tidak bekerja, anda bisa mengatasinya.
• Return on Investment (kembali modal). Karena kekuatan tracking yang begitu bagus, anda bisa memastikan bahwa modal anda dapat kembali. Dengan dapat menentukan seberapa banyak orang yang melakukan klik terhadap banner iklan atau link email, para pemilik usaha dapat mengkalkulasi kembalinya modal investasi dengan mudah.
• Inexpensive (tidak mahal). eMarketing, terutama email dan membeli keywords (kata kunci) pada mesin pencari internet adalah relatif murah, bahkan bisa dikatakan sangat murah. Biaya email biasanya sudah tergabung dengan biaya koneksi kepada Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider) yang masuk dalam layanannya. Pembelian keyword dapat dilakukan kepada perusahaan search engine seperti Google dan Yahoo.

Tipe www eMarketing yang Digunakan?
Pemasaran secara online (eMarketing) dapat dikategorikan dalam beberapa elemen yang tertulis dalam poin-poin di bawah ini. Setiap metode mempunyai tujuan yang spesifik dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum anda melakukan investasi eMarketing, pastikan anda menggunakan elemen yang tepat.
• Banner Advertisement (iklan melalui banner). Adalah file grafis (biasanya berukuran 468 x 60 pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli membeli produk anda.
• Sponsorship. Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin sebelumnya.
• Classified Listings (daftar produk terklasifikasi). Seperti pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online merupakan cara yang sangat baik memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data. Tidak hanya itu, ada juga fitur pelelangan online, seperti di http://www.ebay.com.
• Email Marketing (pemasaran melalui email). Email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.
• Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi). Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk. Contoh website yang menerapkan sistem afiliasi ini adalah http://www.amazon.com.
• Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari). Banyak pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google dan Yahoo. Kebanyakan orang yang tidak tahu di mana harus mencari dan mendapatkan informasi mereka mencarinya di situs mesin pencari tersebut. Oleh karena itu, jika perusahaan anda belum dikenali publik atau bahkan sudah dikenali banyak orang, cara paling dahsyat yang anda lakukan adalah mendapatkan situs anda terdaftar dan terlampir di mesin-mesin pencari tersebut. Sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa situs anda terdaftar dan terlampir dalam mesin pencari terkenal seperti yang tersebut di atas. Banyak cara yang dapat dilakukan agar website anda terindeks pada mesin pencari tersebut yang dikenal dengan Search Engine Optimization.
• Social Networking (metode pemasarang menggunakan situs jejaring sosial). Beberapa situs social networking seperti Facebook, Friendster, Twitter, MySpace, Linkedln, dan MeetUp dapat anda gunakan sebagai senjata eMarketing anda. Beberapa situs social network yang mengijinkan menyertakan audio atau video klip antara lain: www.YouTube.com, www.Vsocial.com, www.MySpace.com, www.Grouper.com. Facebook dan Friendster juga menyediakan fasilitas embed audio dan video. Menggunakan situs jejaring sosial merupakan cara efektif untuk mendemonstrasikan kemampuan pengetahuan dan komunikasi anda. Banyak sekali situs jejaring sosial yang menyediakan kesempatan untuk berkolaborasi dengan orang lain dan saling memberi komentar. Namun hati-hati, jangan menulis sesuatu yang tidak menyenangkan hati, karena hal tersebut dapat menjadi boomerang dan menjatuhkan reputasi anda.
Bagaimana dengan Internet marketing di Indonesia:
II. Internet Marketing Indonesia
Belakangan ini di indonesia, internet marketing telah meningkat pesat pertumbuhannya. Secara grafik, untuk Indonesia kata kunci internet marketing telah menempati urutan pertama pencarian di dunia. Ini bisa di artikan bahwa indonesia akan segera menuju ke sebuah gerbang baru dalam menyongsong teknologi masa kini. Orang-orang indonesia yang telah lebih dulu berkecimpung di internet , bahu membahu memberikan pelatihan kepada teman ,saudara, kerabat dan lainnya. Diatas sempat disinggung atas berdirinya lembaga pendidikan internet marketing , yang bisa jadi hal itu adalah “GONG” dimulainya era baru bisnis internet marketing .
Simak narasi berikut yang dikemukakan oleh Bahrul Ulum tentang Internet Marketing: Saya akan membuat narasi dengan menggunakan tokoh Badu . Badu yang sehari-hari nya karyawan sebuah perusahaan , tiap pagi-pagi sekali Badu sudah bersiap-siap untuk berangkat kerja. Lalu setelah baju,celana, sepatu dan dasi terpakai dengan sedikit acak-acakan, dan juga setelah sarapan ala kadarnya dan hampir tersedak karena terburu-buru ,maka lalu berjalanlah Badu pintu kedepan , dari depan pintu rumah ia sedikit berlari menuju ke jalan raya .
Menunggu bis kota, yang selalu penuh di pagi hari. Karena takut telat , Badu dengan terpaksa bergelantungan dipintu bis kota . Sampai dikantor Badu terlambat . Bos mendelik tidak suka Badu telat. Dengan iringan muka kecut dari bos, Badu menjalankan aktifitas kerjanya sampai pukul lima sore.
Lelah badu pun bersiap pulang. Dan kembali Badu berkutat dengan kemacetan dan bisingnya jalan raya serta lagi-lagi bergelantungan di bis kota. Hari-hari yang melelahkan bagi Badu .
Dan hal yang dialami Badu tidak seharusnya terus terjadi andaikata Badu mau sedikit meluangkan waktu untuk belajar internet marketing . Karena Dengan menjalankan Internet Marketing, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh yaitu : Badu bebas dari macet , apalagi Badu tinggal di Jakarta yang terkenal semakin macet tidak karuan , dan Badu pun bisa menghemat waktu, uang transport dan juga tidak akan stress terjebak macet.
Kemudian Internet marketing dapat meminimalisir Resiko dibanding jika Badu membuka toko offline.Contoh: Jika misalnya Badu mau coba wiraswasta buka toko kelontong , kira-kira berapa biaya yang mesti dikeluarkan Badu ? misalnya biaya gaji karyawan, stok barang, maintenance, Ongkos sewa, listrik,telephon , biaya transport dan lain-lain.. Apabila Badu menjalankan internet marketing, biaya Badu untuk memulai sangat minim: yaitu biaya awal dalam membeli domain, sewa hosting, dan mungkin biaya iklan . Tapi dengan sedikit usaha extra , dan sedikit cerdik,jika memang modal awal Badu sangat terbatas biaya awal inipun bisa Gratis . Hal-hal yang gratisan ini Inysa Allah akan dibahas pada postingan selanjutnya .
Ketika peristiwa alam terjadi ,misalnya banjir atau gempa atau kebakaran. Maka bisnis Badu tetap akan berjalan. Karena bisnis internet tidak lah mengenal ruang dan waktu.Mungkin saja disini sedang ada bencana, tapi dibelahan dunia lain kehidupan berjalan normal.Dan buat Badu akan ada Lebih banyak waktu luang dan juga fleksibel . Karena dengan Internet Marketing, hampir semuanya bisa di buat otomatis , dan dapat di kerjakan dalam waktu yang singkat (dibandingkan dengan kerja Offline) , ini bisa dilakukan Badu dengan membuat sebuah sistem atau Mekanisme kerja yang bisa dirancang sistematis . Asal ada laptop dan koneksi internet, Badu bisa kerja dimana saja dan dimana saja. Andaikata pun Badu tidak punya Laptop, Badu bisa menggunakan jasa Warnet yang dewasa ini semakin berkembang pesat sampai kepelosok desa.
Ketika Badu yang seorang karyawan, yang tentunya Badu mempunyai penghasilan tetap dan lalu memutuskan untuk terjun ke dunia internet marketing , maka tentu Badu tidak akan mepunyai gaji tetap lagi.Diawal-awal mulai menjalankan internet marketing ini,pastinya Badu akan mengalami banyak sekali hambatan, dan tidak sedikit pula biaya yang harus dilkeluarkan.(Tetapi masih jauh lebih sedikit dibandingkan jika badu membuka usaha offline ) . Dan Penghasilan awal badu dari internet pasti akan Iebih sedikit dibanding gaji Badu saat menjadi karyawan . Tetapi apabila Badu menekuni dan mengetahui caranya dalam berbisnis di internet, maka harapan meningkat pesatnya penghasilan Badu akan JAUH Iebih besar daripada terus mengharapkan gaji Badu sekarang .
Catatan : Diawal Mulai internet marketing sebaiknya janganlah dulu berhenti dari pekerjaan offline anda, karena tentu akan ada biaya yang diperlukan dalam menopang bisnis internet anda.
 Semakin meruaknya Internet Marketing di kalangan masyarakat, bermunculanlah para Internet Marketer sukses dari berbagai belahan negara. Profil mereka semakin terlihat wujudnya dan memiliki kesamaan yang mudah dikenali. Berikut adalah ciri-ciri seorang Internet Marketer yang sukses:

• Setiap Internet Marketer adalah orang yang mencintai hobi mereka di internet. Dengan mencintai pekerjaan kita dengan segenap hati maka pekerjaan terasa ringan dan menyenangkan.
• Mereka senang membantu orang lain. Dari keinginan inilah biasanya lahir produk-produk yang kemudian sangat laku di pasaran. Menjawab keinginan orang banyak dan menyediakan produk yang banyak diinginkan, adalah kunci sukses setiap Internet Marketer.
• Mereka senang belajar. Belajar menjadi satu kesukaan, dan para Internet Marketer yang sukses terus menerus membeli buku supaya tidak ketinggalan tren. Karena sebuah ide yang baik bisa berarti jutaan dollar. Sebuah ide bernilai emas bisa ditemukan dimana saja bagi mereka yang s elalu mencari dan belajar.
• Mereka memulai dari NOL. Yaa kebanyakan dari mereka malah tidak punya latar belakang internet sama sekali seperti Stone Evan (pelayan restoran), Terry Dean (pengantar pizza), dll.
• Mereka mempunyai mentor yang hebat. Dibalik kesuksesan seseorang hampir selalu bisa ditemukan mentor yang memberikan pengaruh di belakangnya.
III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa:
• Internet Marketing adalah wadah baru bagi masyarakat yang bisa memperoleh Uang lewat cara ini.
• Dari ciri-ciri orang sukses di atas, kita bisa belajar untuk kemudian melakukan hal yang sama untuk sukses. Lagipula, buat apa susah-susah mencari jalan baru, kalau jalan sukses sudah terbentang di depan mata?
Demikian Artikel ini dibuat semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Sumber: 1. Asian Brain Internet Marketing Center
2. http//IM/narasi-internet-marketing.htm
 3.http:/IM/internet-marketing.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar