Rabu, 20 Oktober 2010

(Bong Reginald /tugas4) /INTERNET MARKETING

INTERNET MARKETING

A. Pendahuluan
“Internet marketing (e’marketing) is the process of growing and promoting an organization using online media.”(Wikipedia). Itulah definisi Wikipedia, yang sering dijadikan rujukan otoritatif bagi para netter. Melanjutkan definisi itu, wikipedia menuliskan bahwa metode di dalam emarketing termasuk: search engine marketing, display advertising, e-mail marketing, affiliate marketing, interactive advertising and viral marketing.Definisi itu sangat cocok untuk perusahaan yang berbasis dunia nyata (brick and mortar business) yang menjadikan Internet hanya sebagai sebuah media.Sebagai “sarana baru” atau “pasar baru”, Internet hanya menjadi bagian kecil dari sebuah upaya marketing perusahaan yang jangkauannya sangat luas. Dalam pengertian ini, emarketing mungkin sangat dekat dengan fungsi promosi dan penjualan (sales) di dalam pengertian marketing tradisional.Tetapi bagi perusahaan-perusahaan yang beroperasi sepenuhnya di Internet (pasar, produk, layanan, interaksi, transaksi), seperti perusahaan mesin pencari (search engine), layanan hosting, social networking, dsb, pengertian emarketing tersebut terlalu sempit. Bahkan, untuk sebuah situs pribadi atau blog yang sepenuhnya hidup di dunia virtual, kebutuhan akan emarketing jauh lebih luas daripada sekedar promosi dan penjualan.

Untuk perusahaan-perusahaan yang hidup di sepenuhnya di Internet, pengertian marketing yang umum mungkin lebih tepat. Meminjam kembali definisi dari Wikipedia, “Marketing is the process of identifying the consumers’ wants and needs and making the product to satisfy these.”Di dalamnya, ada aspek strategis, ada aspek teknis. Rasanya pengertian itu lebih pas. Supaya emarketing tidak hanya berkisar pada SEO, emai marketing, affiliate marketing yang merupakan satu bagian dari sebuah aktivitas marketing yang komprehensifInternet marketing sebenarnya sama saja dengan marketing pada umumnya. Yang membedakan adalah kita menggunakan internet untuk memasarkan produk. Misalnya, anda menjual produk dengan memakai website sebagai "toko" online anda. Atau bisa juga anda pasarkan lewat mailing list dan forum-forum di internet.Lebih efektif mana? Dengan internet atau cara konvensional? Tiap cara pemasaran punya kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan sifat medianya. Efektif atau tidak, lebih banyak ditentukan oleh bagaimana cara kita memaksimalkan kelebihan dan meminimalkan kekurangan cara pemasaran yang dipilih.Seperti pada internet marketing, misalnya. Internet punya kelebihan terutama di segi modal awal dan biaya operasional yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan cara konvensional. Kelemahannya, orang lebih berhati-hati untuk membeli karena mereka hanya bisa melihat tampilan produk tanpa bisa "merasakannya".Banyak tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekurangan ini. Salah satunya dengan penggunaan domain berbayar (.com, .co.id, dll) untuk meningkatkan kredibilitas bisnis anda. Untuk memperlihatkan kualitas produk, tampilkan testimoni pembeli-pembeli yang puas dengan produk anda.

B. PEMBAHASAN
Sejarah Internet Marketing sebenarnya dimulai bersamaan dengan sejarah hadirnya internet itu sendiri. Sejak awal diciptakannya, internet sudah membawa fitur-fitur yang cocok untuk marketing. Kemajuan teknologi pendukung internet seperti munculnya beragam bahasa pemrograman dan database membuat internet marketing menjadi lebih menarik, hingga akhirnya muncul berbagai jenis variasi internet marketing, seperti:
a) Search engine marketing: Mengoptimalkan website sehingga dapat diindeks di bagian atas search engine. Hal ini disebut juga sebagai search engine optimization.
b) Display advertising: Menampilkan produk-produk di website
c) E-mail marketing: Idenya adalah menampilkan produk di email, sebagai pengganti pengiriman brosur secara manual menggunakan pos.
d) Affiliate marketing: Mengajak orang untuk mengunjungi situs tertentu dengan cara afiliasi.
e) Interactive advertising: Pembuatan iklan dalam bentuk animasi atau gambar untuk mengiklankan sesuatu.
f) Blog marketing: Menggunakan blog/web blog untuk memasarkan sesuatu, baik secara langsung dari pihak perusahaan maupun karyawannya atau melalui layanan pihak ketiga.
g) Viral marketing: Menggunakan media jaringan sosial untuk mebuat sebuah brand tertancap di benak banyak orang.
Di Indonesia sendiri, teknik internet marketing sebenarnya masih terbatas penggunaannya. Untuk itu suatu tantangan bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan internet dalam proses marketing sehingga proses marketing bisa lebih efisien dan efektif.
Internet marketing merupakan fenomena yang sangat menarik akhir-akhir ini, Demikian menariknya sehingga membius mereka yang sebelumnya tidak memperhatikan tentang internet, untuk serius dan tekun mempelajari internet dengan harapan memperoleh keuntungan. Apakah sebenarnya internet marketing?.
1. Arti internet Marketing
Internet marketing terdiri atas dua kata, internet dan marketing. Pertama adalah internet, menurut wikipedia “Internet adalah jaringan komputer skala dunia yang memungkinkan orang-orang untuk saling berhubungan menggunakan layanan seperti email, chat online, transfer file dan halaman website”. Sementara marketing dalam bahasa Indonesia disebut pemasaran.
Kedua adalah Marketing adalah sebuah proses bertujuan mengetahui keinginan konsumen, mengalokasi produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan tersebut, membuat seorang konsumen tertarik dengan produk atau jasa tersebut. Seorang marketer punya tugas utama membuat konsumen mengenal produk atau jasa yang ditawarkan melalui teknik-teknik marketing. Tanpa usaha marketing, sebuah perusahaan biasanya tidak akan sukses dalam jangka waktu yang lama.
Dari kedua arti diatas, terciptalah kata Internet Marketing. Internet Marketing sebenarnya sederhana dalam makna walaupun sulit dalam implementasi.
Internet marketing biasa disebut sebagai online marketing atau E-marketing, perbedaan internet marketing adalah penggunaan media internet guna mendukung proses marketing, sehingga proses marketing lebih efektif, cepat dan biaya murah.
Internet marketing yang sukses adalah memiliki ciri-ciri berikut:
a) Didukung oleh organisasi yang baik, memiliki tujuan yang didukung dengan benar. Seperti halnya perkataan peribahasa, “man behind the gun” sangatlah berpengaruh.
b) Perusahaan mengetahui apa sebenarnya keinginan dan harapan konsumen.
c) Adanya produk dan layanan yang ditawarkan. Karena tidak mungkin disebut internet marketing jika tidak memiliki produk dan layanan yang ditawarkan.
Semua hal yang berkaitan dengan internet marketing selalu berkaitan dengan 3 hal tersebut, yaitu: Tujuan, Target pasar dan Produk dan Jasa yang ditawarkan. Sehingga internet marketing tidak selalu berkaitan dengan desain web atau pemrograman web, namun yang tidak kalah penting adalah adanya tujuan yang diformulasikan dengan jelas.
2. Model Bisnis Internet Marketing
Ada banyak model bisnis yang lazim diterapkan di internet marketing, penggunaan model-model bisnis yang berbeda-beda ini tergantung kepada tujuan yang diinginkan di internet marketing tersebut. Diantaranya adalah:
a) E-commerce: Sebuah barang langsung dijual menggunakan internet, baik untuk konsumen (B2C) maupun untuk bisnis (B2B).
b) Publishing: Internet digunakan untuk menampilkan produk dan jasa saja.
c) Advertising: Website digunakan untuk menampilkan iklan-iklan saja, sementara transaksi masih dilakukan secara manual (konvensional).
d) Ada beberapa model bisnis lainnya, tapi yang terkenal adalah tiga model bisnis di atas.





4. Keuntungan dari Internet Marketing
Internet marketing menawarkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan marketing konvensional.Baik ditinjau dari efektifitas maupun efisiensi. Berikut ini beberapa keuntungannya:
a) Skalanya yang sangat luas. Mengukur jangkauan internet marketing tidak hanya berupa skala kota atau negara, jangkauannya adalah global.
b) Banyaknya informasi yang dapat disampaikan.
c) Konsumen memperoleh gambaran yang lebih baik tentang suatu perusahaan atau produk.
d) Lebih hemat biaya.


Kelemahan dari Internet Marketing
Kekurangan Internet marketing (pemasaran online) yaitu mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet. Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan, misalkan: Jika perusahaan membangun website terlalu besar dan rumit, sementara individu terhubung ke Internet melalui sambungan dial-up atau ponsel mungkin mengalami penerimaan informasi yang lebih lama.
Di sisi lain, konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.
Walaupun demikian, Internet Marketing memilki batasan, seperti:
a) Privacy: Beberapa perusahaan yang menerapkan e-commerce kadang membagi-bagi informasi yang seharusnya rahasia kepada perusahaan lain, sehingga membuat konsumen menjadi tidak nyaman.
b) Security: Maraknya kejahatan internet membuat orang was-was untuk menggunakan layanan internet marketing. Kejahatan seperti carding, sniffing dan lainnya membuat orang-orang lebih memilih bertransaksi menggunakan metode konvensional.
Indonesia baru saja diundangkan undang-undang yang mengatur hal tersebut, mampukah undang-undang tersebut menghilangkan rasa was-was masyarakat, dengan kondisi aparatur saat ini. Gurus jalan saja repot apalagi yang berhubungan dengan internet.
Menurut pengamatan saya belakangan ini, ternyata internet marketing memang bisa dijalankan dengan sistem set forget alias pasang dan lupakan, namun demikian tetap jauh lebih baik hasilnya dengan meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan. Beberapa blog memang saya set dengan content yang sudah terjadwal otomatis untuk 5 bulan kedepan misalnya, kemudian blog tersebut berjalan sendiri dengan scheduled post tersebut. Hasilnya lumayan terutama untuk bisnis yang sifatnya memang tanpa perlu campur tangan seperti PPC misalnya.

Sedangkan untuk bisnis yang sifatnya affiliate marketing seperti pay per sale maka ketika blog kita tinggalkan dalam waktu yang lama, komentar dan pertanyaan yang tidak terjawab dengan baik karena set dan forget tersebut maka hasilnya kurang keren, bahkan jauh dari harapan Sekarang saya sangat yakin bahwa marketing is about people, people is about relationship dan relationship is about business. Semoga kedepan interaktivitas di blog internet marketing ini bisa lebih intens dan impian sukses dengan internet marketing will not just the dream
Kata “Internet Marketing” saat ini Desember 2008 paling banyak dicari oleh orang yang berada di Indonesia dibandingkan dengan negara lain manapun di dunia ini. Itulah informasi yang dapat Anda temukan di Google Trends. Anda bisa mencobanya dengan mengunjungi situs Google.com/trends kemudian ketikkan kata “internet marketing” maka akan muncul Indonesia adalah negara yang menduduki peringkat pertama.
Apakah maksud dari Google Trends tadi itu orang Indonesia yang paling hebat dalam bidang internet marketing dibandingkan dengan negera-negara lain seperti Amerika, Belanja, Jepang dan sebagainya? Oh bukan, Google Trends menyediakan informasi tentang trend pencarian berdasarkan keywords. Seperti tertulis di website Google.com/trends: “Google Trends provides insights into broad search patterns. Please keep in mind that several approximations are used when computing these results”.
Jadi jangan salah sangka bahwa blog saya yang judulnya sama yaitu Internet Marketing Indonesia yang Nomor 1 di Dunia, tetapi yang nomor satu tersebut adalah banyaknya orang di Indonesia yang mencari internet marketing. Tapi jangan remehkan saya juga, saya mau loh blog sederhana ini juga terkenal sampai ke manca negara. Lah nanti kalo dibaca bule gimana? kan mereka lebih bayak yang tidak mengerti bahasa Indonesia?tinggal bikin saja beberapa halaman berbahasa Inggris!
Hmm.. kalau dikatakan bahwa orang Indonesia paling hebat dalam internet marketing, memang benar juga!. Setidaknya kita orang Indonesia paling hebat dalam MENCARI tadi. hehe.. Kalau paling hebat dalam hasil atau kualitas atau kegiatan internet marketing? Belum tentu. Tapi kedepan sangat mungkin! Mengapa?
Saya yakin dengan banyaknya pencarian tersebut berarti menunjukkan minat orang Indonesia yang semakin hari semakin kuat terhadap Internet Marketing, sehingga minat yang semakin kuat tersebut akan mampu untuk mendorong lebih banyak orang Indonesia yang kemudian benar-benar HEBAT juga dalam “prestasi”, sehingga pencapaian pelaku internet marketing Indonesia bisa mendukung Gerakan Revolusi eBisnis Indonesia. Mendukung Gerakan Revolusi eBisnis di Indonesia adalah sub judul untuk blog Internet Marketing Indonesia milik saya ini, Anda sudah perhatikan bukan?
Jangan ketinggalan, mari belajar Internet Marketing lebih serius agar kita tidak hanya menjadi nomor 1 dalam mencari saja, tetapi nomor satu juga dalam menyediakan informasinya atau produk-produk yang ditransaksikan dalam internet marketing. Sehingga suatu hari nanti kita bukan yang mencari saja melainkan kebalikannya yaitu DICARI orang luar negeri.

C.Sistem Keamanan Internet Marketing
Keamanan Informasi adalah penting untuk perusahaan dan konsumen yang terlibat dalam bisnis online.
Banyak konsumen yang ragu-ragu untuk membeli barang melalui Internet karena mereka tidak percaya bahwa informasi pribadi mereka akan tetap menjadi rahasia. Enkripsi adalah metode dasar untuk melaksanakan kebijakan privasi.Ada beberapa kasus mengenai perusahaan yang melakukan bisnis online telah tertangkap menjual informasi tentang pelanggan mereka.
Namun, sekarang biasanya sebuah situs Web memberikan jaminan, mengklaim bahwa informasi yang pelanggan masukkan (opt-in) akan tetap menjadi rahasia. Selain itu, mereka juga biasanya memberikan pilihan agar anda dapat menghapus informasi anda dari database mereka, atau disebut opt-out.
Namun, banyak pelanggan tidak menyadari jika dan ketika mereka telah melakukan opt-in, dan tidak dapat menghentikan informasi yang biasanya masuk ke email. Oleh karena itu biasanya sebuah website memiliki link "Privacy Policy" biasanya berada di bagian bawah website supaya bisa dibaca konsumen bagaimana tentang sistem keamanan privacinya.
Isu keamanan lainnya yaitu kepercayaan antara konsumen dengan penjual tentang apakah konsumen akan menerima apa yang mereka beli.
Pedagang online telah berusaha untuk isu ini dengan membangun kepercayaan terhadap konsumen. Amazon.com, eBay, Overstock.com adalah website-website yang telah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat internet dunia.
Upaya untuk menjamin konsumen bahwa transaksi mereka akan bebas dari masalah juga dilakukan terutama dalam mekanisme pembayaran online. PayPal adalah salah satu alat transaksi online yang sudah dipercaya di dunia internet.

1 komentar: