Rabu, 20 Oktober 2010

(Demi A Didrana/tugas 4)Makalah internet marketing

A.    Latar belakang
Konsep menjual di internet sebenarnya tak ubahnya dengan bisnis offline (konvensional) seperti pada umumnya, yakni Anda bisa menjual apapun macam dan jenis produk yang ada di dunia offline. Perbedaan paling kentara di sini adalah bisnis internet ditunjang dengan media komunikasi bernama internet yang memungkinkan orang bisa berinteraksi di seluruh dunia walau tanpa bertatap muka sehingga pangsa pasar tidak dibatasi oleh wilayah dan waktu. Namun mungkin fikiran kita selama ini “tercemari” oleh iklan-iklan yang beredar di internet, terutama yang sering kita jumpai di situs-situs lokal, bahwa bisnis internet itu hanya jualan ebook ataupun produk-produk digital sejenis sehingga mempengaruhi pola pikir seseorang dan membuat kesan yang bisa dijual di internet hanya itu-itu saja. Memang kita tidak dapat menyangkal bahwa untuk urusan internet marketing Indonesia adalah negara paling ramai sedunia dalam keyword tersebut, ini menunjukkan peminat pola pemasaran ini begitu besar di negeri ini yang memang berpenduduk besar. Dan juga peminat produk-produk demikian memang banyak, apalagi topiknya seputar make money online. Selain itu, memasarkan produk-produk digital memang tidak membutuhkan biaya marketing yang besar karena tidak terpotong biaya transportasi dan segala hal yang membebani. Meskipun begitu, saya yakin di tahun-tahun mendatang Indonesia akan memunculkan program dan produk berkualitas yang lebih beragam dan berkualitas.
B.     Pembahasan
B.1  Definisi
Definisi sederhana dari internet marketing (biasa disebut juga ‘online marketing’ atau ‘web marketing’) adalah menjual barang atau jasa melalui media internet. Online marketing dilakukan sebagai bagian dari bisnis offline. Orang akan lebih familiar bila produk-produknya terdisplay dan dilengkapi dengan email yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan sebagaimana halnya fungsi catalog tercetak pada bisnis offline.
Internet marketing juga bisa mewakili perusahaan dalam memasarkan produknya melalui dunia maya. Dengan internet marketing bisa jadi pengusaha tidak perlu menyediakan kantor ataupun tokonya untuk menjual produknya.
Bisnis melalui internet bisa dioperasikan dari rumah sehingga biayanya bisa jadi sang at kecil dibandingkan harus sewa kantor atau toko. Dua hal penting yang harus dimiliki oleh internet marketing adalah Website dan email.
Sales website
Sales website adalah bentuk terbaik dari internet marketing. Perusahaan atau individu yang ingin mensetup website akan memberikan kesempatan kepada calon customer untuk membeli produknya. Customer akan mengunjungi website, melakukan pemesanan, melkukan pembayaran secara online atau transfer via bank, dan barang dikirimkan ke customer. Semua transaksi ini akan dilakukan secara elektronik dan otomatis.
Proses pembelian ini dilakukan oleh customer tanpa harus meninggalkan rumah, cukup dilakukan dari depan computer yang terhubung internet.
Websites Informasi
Ada website tipe lain, yakni Website Informasi untuk internet marketing. Website tipe ini dibuat untuk menginformasikan tentang seluk beluk sebuah produk. Dan diharapkan dengan website yang berisi informasi tentang produk yang dijual akan memberikan penjelasan pada calon customer agar membeli produk yang dijual.
Email marketing
Pebisnis online akan menggunakan email untuk mengintak calon customer (prospek) memberikan penawaran. Pebisnis akan meminta kepada prospek agar mau menerima setiap informasi yang akan dikirim melalui email tentang produk-produknya. Setelah prospek setuju untuk menerima informasi itu, maka biasanya akan mengirimkan informasi/promosi via email tentang produk dan perusahaannnya dalam bentuk sales letter atau brosur.
Email marketing adalah cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mendistribusikan sales letter. Dan lebih ramah lingkungan dibandingkan mengirimkan kertas brosur ke alamat prospek. Tetapi email marketing akan menjadi tidak efektif dan memberikan efek negative bila pebisnis online melakukan spam.

B.2  Artikel bisnis dalam internet markerting
Artikel bisnis atau juga biasa disebut artikel marketing sangat diperlukan dalam menjalankan kegiatan internet marketing.
Untuk membuat artikel bisnis tidak diperlukan kemampuan menulis yang tinggi sebagaimana penulis-penulis tenar dan profesional, melainkan cukup mengetahui dasar-dasar kemampuan menulis  Anda sudah bisa menulis artikel bisnis yang menjual.
Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menulis artikel bisnis dalam menjalankan kegiatan internet marketing, berikut beberapa diantaranya:
# Memanfaatkan Informasi yang Dicari Pengunjung
Tujuan orang browsing di internet sudah tentu mencari informasi. Dari sini kita bisa memanfaatkan web kita menyajikan apa yang mereka cari.
Meskipun Anda bertujuan menjual produk melalui artikel bisnis dalam situs Anda, namun sisi yang penting harus Anda perhatikan adalah memberikan informasi yang benar-benar dicari pengunjung.
Lebih-lebih mereka datang dari search engine dan menemukan website Anda, ini tentunya kesempatan bagi Anda untuk memberikan yang terbaik terhadap apa yang mereka butuhkan.
Jika mereka senang dengan informasi di dalamnya, sudah pasti mereka suatu saat mereka akan datang kembali. Pada bagian pertama ini Anda harus banyak memberi (informasi), sebelum akhirnya menulis artikel yang lebih menjual (artikel bisnis/marketing).
# Branding (Membangun Citra)
Apabila pengunjung telah suka dengan artikel bisnis Anda, mereka tidak segan-segan untuk membeli produk yang Anda rekomendasikan. Mereka sudah tahu bahwa di mata mereka, Anda adalah orang yang bermanfaat bagi mereka.
Jika pengunjung dan pembaca artikel bisnis Anda semakin banyak, mereka juga tidak segan-segan menempatkan website Anda di website mereka meskipun Anda tidak menaruh web mereka di website Anda. Dalam ilmu SEO disebut One Way Link (link satu arah).
Dengan begini akan semakin melejitkan nama dan popularitas website Anda baik di mata search engine maupun di mata banyak orang, bisa dikatakan ini sebuah promosi gratis yang sangat spektakuler.
# Sebagai Asisten Marketing Anda
Kalau di bisnis konvensional cara memasarkan masih menggunakan cara-cara manual seperti bicara kesana kesini, sebar brosur, atau menggunakan jasa sales yang harus mondar mandir kesana kemari dan tentu saja biaya promosi yang tidak kecil, maka dalam internet marketing cukup dengan tulisan yang kita buat (artikel bisnis) yang berbicara, dan ini lebih produktif dan otomatis karena anda tidak perlu menjelaskan satu persatu ke prospek Anda.
Yang lebih enak lagi adalah biaya promosi menjadi gratis karena cukup membuat artikel bisnisnya dan semua orang bisa membacanya, lebih dahsyat lagi jika dikombinasikan dengan teknik SEO (search engine optimization).
# Efektifitas dan Produktifitas
Dibanding Anda hanya mengandalkan website penjualan atau hanya sebatas URL yang diberikan suatu merchant, maka artikel bisnis bisa dibilang lebih efektif dan produktif dalam menunjang penjualan produk yang kita pasarkan.
Selain padat akan infomasi, artikel bisnis juga biasanya mengulas (review) tentang sisi positif dan negatif suatu produk seperti artikel : “Panduan Afiliasi Thegeniusbiz (review), Cara Menjual Produk Apapun di Internet Dengan Cepat atau Lambat”.
Dengan begitu prospek akan mengetahui informasi keseluruhan suatu produk sebelum akhirnya membeli produk yang kita pasarkan. Artikel bisnis bahasanya juga lebih manusiawi dibanding website penjualan, juga sering digunakan sebagai landing page sebelum meluncur ke situs utama.
B.3 Etika Bisnis dalam Internet marketing
Dalam menjalankan bisnis internet, etika merupakan kunci yang harus tetap dijaga walau tidak bertemu orang secara langsung, ini demi menjaga hubungan yang baik antara penjual dan pembeli sehingga internet marketing yang kita lakukan akan berjalan awet tanpa merasa dirugikan antara pihak satu dengan yang lain.
Berikut beberpa point penting etika yang harus dimiliki oleh pebisnis Internet:
# Jujur
Kejujuran merupakan sikap yang harus di punyai oleh setiap pebisnis internet. Siapapun tahu kalu di UU negara dan agama sangat menjunjung tinggi yang namanya kejujuran.
Jujur dalam bisnis internet bisa meliputi apa saja yang disampaikan, seperti pembuatan sales letter yang sesuai dengan konten, sebab selama ini banyak pengaduan-pengaduan yang menyatakan banyaknya penjual ebook yang hanya menjual mimpi setinggi langit tapi konten yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.
Tentu saja ini membuat konsumen kecewa dan berang yang pada akhirnya hanya merugikan penjual ebook itu sendiri karena pembeli yang merasa tertipu tadi bercerita keberbagai forum yang isinya tentu saja menjatuhkan si pemilik produk.
Atau jika sebagai pemasar (affiliate) tidak mengada-ngada ketika merekomendasikan suatu produk yang bisa menjerumuskan orang terhadap info yang diberikan dan lain sebagainya.
Jika sikap jujur ini telah benar-benar dilaksanakan, maka akan tumbuh yang namanya sikap saling percaya dan tentu saja akan menguntungkan semua pihak, bahkan lawanpun menjadi kawan.
# Tanggung Jawab
Sebagai pengelola maupun pemilik jasa suatu layanan, tanggung jawab merupakan sikap yang wajib dimiliki. Karena ini menyangkut kredibilitas kita juga melibatkan kepuasan konsumen.
Semakin kita cepat dan tanggap dalam memberikan respon yang diadukan pelanggan semakin konsumen merasa puas dengan service yang kita berikan.
Jika pelanggan telah puas dengan layanan yang kita berikan, mereka akan berbicara kesana-kemari dan merekomendasikan produk maupun jasa kita, dan pada akhirnya sikap tanggung jawab tersebut akan menguntungkan pada diri kita sendiri sebagai pengelola.
# Sabar
Kadangkala sesuatu yang kita inginkan belum tercapai, kita keburu berbuat tindakan penyelewengan (nekat) yang melanggar aturan. Contoh kecil jika kita mengikuti progam bisnis gratis PPC (pay per click), karena tidak kunjung mendapatkan trafik dan minimnya orang yang mengklik iklan yang kita sediakan, iklan tersebut malah kita klik sendiri.
Selain merugikan orang lain lain juga merugikan diri kita sendiri, karena account akan dibanned dan kita sebagai publisher dikeluarkan dari program tersebut
Memang tidak mudah menjadi pebisnis internet, dibutuhkan sikap sabar dan ketekunan dalam menghadapi situasi sesulit apapun,  karena apapun bentuk suatu pekerjaan jika tidak dilandasi sikap sabar maka niscaya hasilnya tidak akan memuaskan.
Sebuah kalimat kata yang sangat menarik, ” Kadar kesungguhan seseorang sebanding dengan hasil yang ia dapatkan. Semakin tinggi tingkat usahanya semakin besar hasil yang didapat, sebaliknya semakin rendah usaha seseorang maka hasilnyapun juga akan rendah”
SEO adalah singkatan dari Seach Engine Optimization. Secara singkat SEO adalah suatu usaha untuk mengoptimalkan suatu website di mata robot search engine seperti Google agar mendapatkan rangking yang bagus dan mendapatkan pengunjung dari search engine tersebut. Anda bayangkan bahwa search engine seperti Google itu memiliki robot yang keluyuran setiap saat menjelajahi jutaan website di internet ini, termasuk website Anda.
Robot itu secara umum tentang apa topik website Anda atau tema suatu halaman website Anda berdasarkan informasi yang Anda buat di website. Suatu website atau suatu halaman website adalah bagus di mata robot tersebut jika: mempunyai topik tertentu yang dilihatnya dari kesesuaian judul, description, content dan kata kunci, serta referensi dari website lain yang membicarakan website Anda (ngelink ke website Anda). Jika website Anda atau suatu halaman di website Anda memenuhi kreteria robot search engine tersebut maka dikatakan website anda sebagai OPTIMAL dimatanya. Karena itulah usaha untuk menuju ke optimal teresebut diistilahkan Search Engine Optimization atau disingkat SEO
Semakin optimal website Anda di mata search engine, maka semakin depan hasilnya di hasil pencarian di Google (jika seseorang mencari di Google dengan mengetikkan suatu kata atau gabungan kata). Tentu website Anda bersaing dengan website orang lain. Website siapa yang paling optimal dan dianggap penting oleh search engine maka websitenyalah yang akan berada paling depan.
Jika suatu website atau suatu halaman website Anda sering berada di halaman hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu maka berarti akan banyak orang yang menemukan website Anda pada hasil pencarian tersebut. Jika website Anda sering ketemu, maka berarti akan semakin banyak pula orang yang dapat masuk ke website Anda search engine seperti Google tersebut. Mungkin ribuan orang mencari informasi di sana setiap jamnya. Jika website Anda sering berada di halaman depan hasil pencarian maka akan semakin banyak pengunjung yang datang dari sana untuk Anda. Jika semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda maka website anda akan menjadi sumber penghasilan ketika pengunjung tersebut benar-benar membeli. Agar website Anda menang maka ilmunya adalah bagaimana mengoptimalkan website Anda dimata search Engine tersebut, ilmu ini dinamakan SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.
Kalau website Anda menang dalam pertarungan SEO maka website Anda akan seperti diatas tadi. Jutaan orang mencari di Google misalnya, Website Anda ketemu terus, Orang klik pada website anda yang ketemu tersebut, maka banyak pengunjung ke blog Anda. Artinya search engine telah bekerja siang dan malam tanpa henti membantu Anda, dengan setia, tanpa minta upah. Anda mau begitu kan?. Jika Ya, maka Anda dapat mempelajari caranya. Itu pula yang selalu menjadi perjuangan pelaku Internet Marketing Indonesia dan dunia.
Apa yang harus dikerjakan sekarang untuk mempraktekkan ilmu SEO ini?
Yang pertama adalah buatlah website Anda sendiri, designlah agar SEO ready, dengan content yang menarik, dan dapat dipercaya. Yang kedua adalah rajin-rajinlah mempromosikan website Anda. Kuasailah Strategi Promosi. Agar website anda seperti dibicarakan dari luar website Anda. Bagi search engine tidak penting siapa orangnya yang membicarakan website Anda diluar sana, jadi bisa Anda sendiri yang melakukannya. Atau berusahalah agar website Anda menjadi buah bibir, sehingga orang lain mempromosikan website Anda dengan suka rela.
Bagaimana membuat website yang SEO ready? Harus bagaimana kesesuaian antara judul, description, content dan keywords? Bagaimana melakukan promosi dalam jalur cepat? Atau bagaimana melakukan promosi jalur lambat tetapi pasti sukses? Semoga dapat saya tuliskan lain waktu untuk Anda. Hari ini Anda sudah tau mengapa SEO itu penting bagi pelaku internet marketing.
B.5 Menganalisis Manfaat dan kekurangan Internet Marketing
Online / pemasaran internet memungkinkan seseorang untuk menampilkan jasa atau produk mereka kepada jutaan calon pembeli dan para pengambil keputusan di seluruh dunia. mencapai ini hanya mungkin melalui internet marketing. Akses ke pasar global adalah keuntungan besar bagi penjual. Orang-orang telah menjadi lebih cerdas, dan mereka menyadari manfaat dari kerumitan pengalaman belanja gratis. Ini ditawarkan oleh belanja online, sehingga membuat pilihan yang sempurna massa. Orang-orang lebih memilih internet marketing karena menawarkan barang-barang yang terbaik dengan biaya terendah. jasa pemasaran internet kaya untuk membayar dividen yang cerdas yang menyesuaikan strategi pemasaran internet yang masuk akal. Internet marketing adalah sarana relatif lebih murah untuk mempromosikan, sebagai mode cetak dan penerbitan yang lebih mahal. keunggulan utama internet marketing adalah bahwa pelanggan diberikan fasilitas bulat belanja jam dalam kenyamanan rumah mereka yang merupakan fitur unik dari internet marketing. Pelacakan efektivitas satu kampanye iklan membantu untuk mengatur masa kampanye yang sesuai. Fleksibilitas adalah faktor yang lebih penting sebagai salah satu dapat menyesuaikan katalog online hampir setiap hari atau bahkan setiap jam tergantung pada kondisi pasar.
Untuk jumlah keuntungan dari Internet Marketing
· Pemasaran yang lebih murah dan efektif alternatif untuk jenis media tradisional.
· Breaking hambatan geografis berarti peluang global
· Dua arah komunikasi atau pemasaran interaktif yang memungkinkan pelanggan untuk memberikan umpan balik yang cepat pada produk dan pendekatan pemasaran.
· Ketersediaan layanan khusus sepanjang jam.
· Membuat perusahaan patungan untuk mempromosikan produk atau jasa seseorang lebih mungkin melalui internet marketing.
° dengan bantuan program afiliasi individu-individu yang ingin mempromosikan produk mereka dapat mempekerjakan lebih banyak orang untuk mencapai tujuan.
· Ini juga bermanfaat untuk orang yang ingin menghasilkan uang secara online. Internet marketing adalah salah satu bisnis online yang sudah teruji baik yang dapat memberikan pendapatan yang tampan jika ada yang tahu trik-trik perdagangan.
· Tetap berhubungan dengan pelanggan potensial sangat mungkin dengan cara sederhana baik mengirimkannya RSS feed atau update berkala melalui email.
· Pikirkan media, murah handal, pemasaran cepat dan sangat efektif itu tidak lain hanyalah internet marketing.
Kekuarngan Internet marketing (pemasaran online) yaitu mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet. Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapa menjadi hambatan, misalkan: Jika perusahaan membangun website terlalu besar dan rumit, sementara individu terhubung ke Internet melalui sambungan dial-up atau ponsel mungkin mengalami penerimaan informasi yang lebih lama. Di sisi lain, konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian.
B.6 Hambatan dalam pelaksanaan internet marketing
Dalam menjalankan bisnis internet ada banyak hal yang bisa menghambat kesuksesan, untuk itu saya akan membagi hal tersebut menjadi dua kategori, yaitu hambatan bisnis internet dari diri kita sendiri dan hambatan bisnis internet dari luar diri kita. Dengan postingan ini saya harap kita bisa meninggalkan minimal menjauhkan sikap yang bisa menghambat kesuksesan kita dalam menjalankan bisnis internet.

Hambatan Bisnis Internet dari Diri Kita Sendiri

Beberapa hal dan sikap dari diri kita yang bisa menghambat kesuksesan bisnis internet diantaranya:
Terlalu Rakus
Maaf kalau saya menggunakan kata-kata yang terlalu ekstrim. Rakus disini Maksudnya adalah melakukan semua hal pada waktu yang bersamaan sehingga belum selesai satu bidang sudah beralih ke bidang yang lainnya dan akan terus begitu. Lakukan satu cara terlebih dahulu dan fokus di cara tsb sehingga anda menjadi ahli di bidangnya. Setelah anda menjadi ahli di bidang tsb, barulah lanjut ke cara berikutnya karena lebih baik anda ahli di suatu bidang dibanding biasa-biasa saja di banyak bidang.
Mudah Menyerah
Setelah semua bidang dicoba bersamaan, kecapean, frustasi, merasa gagal, dan menyerah. Saat mengalami kegagalan sementara seharusnya anda bangkit bukannya langsung down dan langsung menyerah.
Mau Hasil Instant
Hampir sebagian pebisnis internet pemula mau hasil instant dalam mejalankan bisnisnya, buang jauh-jauh deh pikiran itu! kalaupun itu benar mengapa masih banyak yang gagal menjalankan bisnis internet dibandingkan yang sukses? Saya tekankan sekali lagi bisnis internet itu tidak gampang! Sebagai contoh jika kita menginginkan “mie instant” kitapun butuh perjuangan untuk mendapatkannya. memang iklannya bilang instant seperti iklan-iklan bisnis internet lainnya, tapi coba kita bahas perjuangan untuk mendapatkan mie instant. Pertama yang jelas kita butuh uang untuk membelinya, kalau ga punya uang ya kerja dulu atau minta dulu ma ortu setelah uang terkumpul kita harus berjalan dulu ke toko, kalau punya modal bisa naek motor atau mobil ataupun nyuruh si mbok. Setelah mie diperoleh baru deh bisa di seduh dan di sajikan, ops tunggu dulu kalo ga ada air panas masak dulu. Nah gimana? Tidak seinstant iklannyakan
Malas dan Terlalu Banyak Alasan
Ga usah dibahas deh yang ini emang dahsyat menghambat kesuksesan bisnis internet.
Mau Bisnis Tetapi Mau Gratis Tanpa modal
Bisa koq pakai domain gratis, hosting gratis, auturesponder gratis, pinjam komputer tetangga sebelah, internet gratis dan bla.. bla.. bla.. Memang benar semua itu bisa didapatkan gratis, tetapi semua itu nantinya akan menghambat bisnis internet kita. Domain gratis, jika anda menjual produk bagaimana anda bisa meyakinkan calon pembeli anda jika anda pakai domain gratis? “yah katanya pebisnis sukses… tapi beli domain aja ga mampu… gimana sih?” pasti pendapat itu akan selalu muncul di kepala calon pembeli produk anda. Hosting gratis, jika anda bermain adsense anda akan rugi karena harus berbagi space iklan dengan perusahaan hosting itu sendiri. Autoresponder gratis juga akan menampilkan iklan di email pelanggan dan itu sangat merugikan. Pinjam komputer tetanga sebelah, yah kalo ga punya malu ga apa-apa deh Internet gratis setahu saya koneksinya lambat jadi akan menghambat bisnis internet kita. Kesimpulannya adalah kalau anda mau serius berbisnis di Internet, anda harus siap menginvestasikan dana anda.
Tidak konsisten
Dengan sikap ini anda akan selalu terjerat lingkaran setan, bagaimana tidak, baru saja anda menemukan produk untuk dipelajari dan anda yakin dengan metodenya kemudian anda menemukan produk baru yang dirasa lebih bagus anda akan membelinya dan menerapkannya kemudian anda ketemu lagi produk baru anda akan meningalkan produk lama dan membeli lagi dan terus begitu sehingga tidak ada satupun yang sempat anda terapkan.
Sikap perfeksionis
Jika anda selalu mengharapkan semuanya sempurna justru hal ini akan menghambat bisnis internet anda. “Ah saya harus punya blog yang sempurna!” dengan sikap seperti ini blog anda tidak akan jadi-jadi karena anda selalu merasa ada yang kurang begitu juga ketika anda mencoba membuat produk, anda akan selalu merasa kurang sempurna sehingga produk anda tidak selesai-selesai. Seharusnya anda keluarkan dan jalankan! Perbaikan bisa menyusul seiiring perkembangan bisnis internet anda!

Hambatan Bisnis Internet dari Luar Diri Kita

Berikut ini adalah beberapa hal dari luar diri kita yang bisa menghambat kesuksesan bisnis internet;
Koneksi Internet yang lambat
Saya yakin hampir sebagian besar rekan-rekan sekalian tidak ada masalah dengan koneksi internet buktinya bisa mengakses halaman ini. Tapi jika dalam menjalankan bisnis internet kita tidak mempunyai koneksi internet yang cepat akan ada banyak waktu yang terbuang jadi jika masih ada rekan sekalian yang demikian usahakan investasi berikutnya ke koneksi internet yang lebih layak jangan pikirkan untuk invest ke yang lain dulu.
Tawaran Menggiurkan disaat Kerja
Tidak diragukan lagi saat kita sedang bekerja banyak sekali tawaran menggiurkan dari keluarga dan teman ntah itu nonton bareng, maen game bareng, jalan-jalan etc. Anda harus tegas kepada diri anda dan orang lain! Tentukan waktu yang tepat untuk bekerja dan jauhkan semua gangguan. Semua itu juga demi masa depan anda dan jika sudah berhasil anda bisa luangkan seluruh waktu untuk orang-orang yang tersayang dan memang itukan tujuan kita semua berada disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar