Selasa, 09 November 2010

(Jiesianti D Doerachman) GRAFIK & ANIMASI

Grafik Komputer adalah grafik yang dibuat menggunakan komputer yang umumnya adalah representasi piktorial atau juga ilmu komputer yang bekaitan dengan pembuatan ataupun manipulasi gambar dan data dengan komputer secara digital. Perkembangan grafik komputer telah membuat komputer menjadi lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data serta memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi permainan video animasi dan industri. Grafik komputer juga disebut visualisasi data. Bentuk grafik komputer ada 2D (2dimensi) dan 3D (3dimensi).Grafik 2D merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer, yang kemudian berkembang menjadi grafik 3D. Jadi bisa dikatakan kalau grafik 3D adalah bentuk penyempurnaan atau perkembangan grafik 2D.
Grafik 2D dan 3D juga berhubungan dengan Animasi. Animasi adalah hasil dari pengolahan gambar tangan menjadi gambar yang bergerak atau gambar diam yang bila kita proyeksikan akan terlihat seperti hidup (bergerak). Contoh animasi itu biasanya pada film kartun. Dengan bantuan komputer yang semakin canggih pembuatan film animasi semakin mudah dan banyak bermunculan film animasi 2D dan 3D.Secara umum Animasi 2D (2 Dimensi) yaitu Animasi yang sering kita lihat sehari-hari seperti film kartun dan menggunakan kordinat x dan y, sedangkan Animasi 3D (3 Dimensi) yaitu yang merupakan pengembangan dari 2D, dengan karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya dan menggunakan kordinat x, y, dan z. 3D animasi grafis adalah presentasi grafis yang dicapai melalui perangkat lunak komputer dan digital generator. Konsep untuk membuat animasi 2D yaitu:
• Membuat konsep dan Ide cerita
• Membuat Storyboard
• Menggambar Karakter
• Menggambar Latar belakang dan objek lain
• Pewarnaan
• Proses animasi
• Penggabungan animasi
• Pengsian suara
• Konversi Animasi Flash (SWF) ke VCD
• Konsep untuk membuat animasi 3D yaitu
• Viewport
• Membuat Objek
• Memodifikasi Objek
• Memberi Material pada Objek
• Mengatur Pencahayaan
• Menggunakan Kamera
• Membuat Animasi
• Render
• Mengolah Sistem Partikel
• Latihan Aplikasi Animasi 3D

Animasi termasuk bagian dari grafik komputer. Bagian dari grafik komputer yang lain adalah sebagai berikut:
 Geometri
merupakan bagian dari grafik komputer yang mempelajari tentang cara menggambarkan permukaan bidang.
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu computer:
 Shape/bentuk
 Posisi
 Orientasi (cara pandang)
 Surface Properties/Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
 Volumetric Properties/Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
 Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
 Rendering
merupakan bagian dari grafik komputer yang mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
Bagian rendering yang sering digunakan:
 Field Rendering. Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.
 Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.
 Animasi:
mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan agar dapat lihat secara nyata.
 Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.


merupakan bagian dari grafik komputer yang mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Grafik 2D dan 3D memiliki perbedaan. Beberapa perbedaan grafik 2D dan 3D yaitu :

• Grafik 2D merupakan grafik komputer yang berkordinat 2 yaitu x dan y sedangkan grafik 3D merupakan grafik komputer yang berkordinat 3 yaitu x,y,dan z. Karena grafik 2D berkordinat dua maka objek gambarnya perspektif dengan dua titik contoh : gambar teks dan bangun 2D, sedangkan untuk grafik 3D yang berkordinat tiga menggunakan 3 titik untuk melihat objek gambarnya.
• Dilihat dari kordinatnya, grafik 2D merupakan bentuk benda yang memiliki panjang(x) dan lebar(y) Sedangkan grafik 3D merupakan benda yang memiliki panjang(x),lebar(y),dan tinggi(z).
• Grafik 2D hanya dapat dilihat dari dua arah saja, depan dan belakang sedangkan 3D bisa dilihat dari mana saja.
• Grafik 2D merupakan subkelas grafik dan juga merupakan kelas utama dari platform Java 2 yang sudah built-in. Maksudnya kelas utama adalah kelas yang berperan sebagai rendering yang menyediakan sejumlah operasi untuk me-render objek bangun, gambar, dan teks. Sedangkan grafik 3D dukungan javanya diletakkan dalam API terpisah.
• Grafik 2D warnanya hanya warna dasar sedangkan grafik 3D warnanya lebih banyak dan bervariasi.
• Grafik 2D tampilan gambarnya flat (datar) sedangkan grafik 3D layar tampilannya luas dan dapat menampilkan gambar timbul (tidak flat).
• Grafik 2D Obyeknya digambar dalam bidang xy sedangkan grafik 3D obyeknya digambar dalam bidang xyz.
• Grafik 2D Tidak menggunakan lightning sedangkan grafik 3D dapat menentukan gelap terang dengan sistem lightning

Didalam aminasi 2D dan 3D ada cirri-ciri grafik antara lain :

Ciri-ciri grafik dari 2D yaitu :
• Tampilan gambarnya flat
• Tidak beruang (perspektif)
• Warnanya warna dasar
• Berupa struk garis
• Menggunakan outline
• Frame layar terbatas
• Tidak menggunakan lightning
• Biasanya menggunakan shading
• Obyek digambar dalam bidang xy
Ciri-ciri grafik dari 3D yaitu :
• - Variasi warnanya lebih banyak
• Layar tampilannya luas
• Obyek digambar dalam bidang xyz
• Dapat menentukan gelap terang dengan sistem lightning
• Dapat menampilkan gambar yang timbul (tidak flat)
• Dalam film 3D banyak permainan camera view
• Tampilan lebih dramatis
Referensi
http://gigihsoak.wordpress.com/2010/10/03/desain-permodelan-grafik/
http://www.alinweb.co.cc/2010/10/menurut-rosch-definisi-animasi-adalah.html
http://community.um.ac.id/showthread.php?75948-Grafik-3D-pada-Grafika-Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar