Selasa, 04 Januari 2011

Christy Mononimbar (Bisnis pengetahuan)

Bisnis pengetahuan

Apakah bisnis itu??

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dijalankan oleh perorangan atau kelompok dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba. Dan tentunya seseorang atau kelompok harus memiliki pengetahuan yang luas dalam berbagai hal agar bisnis yang mereka jalankan dapat memperoleh keuntungan.

Sebuah bisnis dapat menjual produk atau jasa:

• Produk adalah barang, misalnya kopi, perabot, jus, dll.

• Jasa adalah apabila Anda menjual pengetahuan, ketrampilan dan tenaga Anda, misalnya untuk memperbaiki barang atau membersihkan sesuatu.

Ada dua arus yang terjadi dalam bisnis, yaitu:

1. Arus barang: membuat produk/jasa yang Anda hasilkan tersedia di pasar.

2. Arus uang/cash flow: pelanggan membayar untuk memperoleh barang dan jasa dari Anda. Pemasukan ini digunakan untuk membeli bahan mentah atau barang untuk dijual, memperbaiki atau memelihara peralatan yang digunakan dan membayar sewa tempat usaha. Jika uang yang mengalir keluar (misalnya untuk membayar stok dan membayar biaya operasi bisnis) lebih besar daripada uang yang masuk dari penjualan, maka bisnis tersebut cepat atau lambat akan kehabisan uang dan gagal. Karena tujuan bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan/laba, maka arus uang yang masuk ke dalam suatu bisnis harus lebih besar daripada arus uang yang keluar.

Pernahkan Anda membayangkan dapat melakukan aktivitas bisnis tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda? Atau mungkin Anda punya keinginan melakukan aktivitas bisnis tetapi tidak memiliki banyak waktu karena sibuk dengan kegiatan di kantor maupun dengan keluarga di rumah? Atau Anda ingin sekali berbisnis tetapi tidak memiliki modal yang cukup untuk mewujudkannya karena biasanya bisnis membutuhkan modal yang besar? Pertanyaan- pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas dalam pikiran kita tanpa kita melihat ada jalan keluar yang dapat kita lakukan.

Jawaban untuk semua pertanyaan di atas ada pada internet. Dengan kemajuan yang dicapai oleh teknologi informasi khususnya internet, anda dapat mewujudkan impian anda seperti yang tersebut di atas. Dengan internet anda dapat melakukan aktivitas bisnis tanpa perlu meninggalkan pekerjaan anda di kantor, dapat dilakukan sambil duduk bahkan sambil tidur di rumah, dan tidak memerlukan modal yang besar. Modal besar yang anda butuhkan hanyalah kemauan dan gagasan yang kreatif. Anda pasti sangat tertarik dengan bisnis yang satu ini bukan?

Keberhasilan suatu bisnis tergantung pada:

• Pengetahuan dan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan dan keinginan

pelanggan

• Pengetahuan dan ketrampilan pemilik usaha

• Kemampuan pemilik usaha untuk mengidentifikasi dan menjajaki kesempatan bisnis

• Keadaan keuangan pemilik usaha

Masalah dapat timbul apabila:

• Pengeluaran untuk bisnis terlalu besar atau lebih besar dari pemasukannya

• Pemilik usaha terlalu banyak mengambil uang hasil usaha untuk kepentingan

pribadi

• Harga produk tidak cukup tinggi untuk menutupi semua biaya yang dikeluarkan

untuk bisnis tersebut, termasuk gaji pemilik usaha

Bisnis yang baik dimulai dengan ide bisnis yang baik. Ide bisnis adalah gambaran singkat dan tepat mengenai bisnis yang hendak didirikan. Sebelum Anda memulai suatu bisnis, Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah memiliki ide yang jelas mengenai bisnis yang hendak Anda jalankan.

Bisnis yang sukses dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan sekaligus juga memenuhi harapan Anda. Dengan kata lain: bisnis Anda menjual apa yang dibutuhkan atau diinginkan orang dengan harga yang terjangkau atau dengan harga yang bersedia mereka bayar; namun bisnis tersebut juga memberikan Anda cukup pemasukan dan kepuasan pribadi.

Karena itu, Anda perlu mengidentifikasi dan mengembangkan ide bisnis yang bagus untuk diri Anda sendiri dan pelanggan Anda.

Memulai suatu bisnis merupakan langkah besar yang akan mengubah hidup Anda! Apakah Anda tipe seorang pengusaha? Anda akan menjadi orang yang paling penting dalam bisnis Anda. Anda sendiri yang memiliki tanggung jawab atas manajemen, pertumbuhan dan keberhasilan bisnis Anda. Tanggung jawab ini berarti Anda akan merasakan banyak tekanan, namun Anda juga memiliki jauh lebih banyak kebebasan. Hal ini berarti bahwa Anda harus bekerja keras dengan jam kerja yang panjang, namun juga berarti bahwa bisnis Anda bisa jadi membawa banyak keuntungan dan kepuasan.

Kepribadian, situasi dan kemampuan Anda akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis Anda. Kepribadian dan kemampuan yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis sangat tergantung pada jenis bisnis yang ingin Anda mulai.

Untuk memulai dan menjalankan suatu bisnis dengan baik, Anda perlu memiliki:

1. Ketrampilan teknis/kejuruan sesuai dengan barang atau jasa yang ingin Anda hasilkan atau sediakan.

Ketrampilan teknis/kejuruan ini adalah ketrampilan teknis yang menjadi keahlian bisnis Anda. Jalannya bisnis Anda tergantung pada ketrampilan ini. Misalnya, untuk memulai bisnis busana, Anda harus dapat memotong dan menjahit kain.

2. Pengetahuan mengenai bisnis yang Anda ajukan

Apapun jenis usaha yang Anda ingin mulai, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui pasar, persaingan dan pemasok dalam bisnis Anda. Misalnya, jika Anda ingin memulai bisnis pembuatan mebel, Anda perlu mengetahui jenis kayu yang digunakan, dimana bisa membeli kayu dengan murah dan bagaimana cara menyimpannya. Anda juga perlu mengetahui jenis mebel yang laku terjual dan dimana jenis tersebut banyak diminati.

3. Kemampuan dasar bisnis dan manajemen.

Ketrampilan mengelola bisnis adalah kemampuan dasar yang Anda butuhkan untuk memulai suatu bisnis yang efisien dan mendatangkan keuntungan. Ketrampilan ini termasuk: pemasaran, pembelian, perkiraan biaya/penentuan harga, kontrol stok/persediaan, pencatatan data dan perencanaan bisnis.

4. Kemampuan bernegosiasi.

Negosiasi adalah metode dasar untuk memperoleh apa yang Anda inginkan dari orang lain. Kemampuan untuk bernegosiasi dengan baik adalah ketrampilan yang sangat penting apabila suatu bisnis hendak bertahan. Para pemasok ingin menjual barang dan jasa mereka kepada Anda dengan harga setinggi mungkin, sedangkan Anda harus membeli dari mereka dengan harga serendah mungkin agar Anda dapat mengontrol pengeluaran Anda. Dalam menjual barang dan jasa Anda, yang terjadi adalah sebaliknya. Para pekerja menginginkan gaji setinggi mungkin, sedangkan Anda hanya dapat membayar gaji hingga batas tertentu, jika tidak Anda tidak dapat menghasilkan keuntungan.

Oscar Lima adalah seorang pengusaha Timor Leste yang terkenal dan sukses. Ia memulai bisnisnya pada tahun 1979 hanya dengan modal US$ 3.5 (kurang lebih Rp 35,000). Bersama anaknya, ia membawa gerobak kecil keliling kota Dili untuk mengumpulkan dan membeli botol-botol kosong yang kemudian dijual kembali kepada pengusaha-pengusaha lain. Ia juga menjual sayur, cabe dan ikan kering di pasar lokal mulai jam 6 pagi dan terkadang ia bekerja hingga jam 3 pagi (bekerja keras). Oscar Lima memiliki kemauan yang kuat untuk berhasil sebagai seorang pengusaha dan ia bekerja sangat keras untuk membangun hubungan bisnis yang baik dengan para pelanggan dan pemasoknya. Karena ia memiliki reputasi yang bagus, permohonannya untuk memiliki kios di pasar lokal Dili dikabulkan oleh pemerintah kota Dili dan ia diberi ruang sebesar 3x4 m di pasar lokal tersebut (persuasif dan berjaringan). Ia terus bekerja keras dan ia semakin dikenal karena menjual barang dengan kualitas yang bagus (mengutamakan kualitas dan efisiensi) dan menyediakannya tepat pada waktunya (memiliki komitmen terhadap kontrak kerja). Perlahan-lahan bisnisnya semakin berkembang sehingga satu setengah tahun kemudian ia dapat menyewa tempat yang lebih besar di pasar.

Ia kemudian ditawari posisi dalam Departemen Pekerjaan Umum sebagai seorang pegawai negeri. Ia mengambil tawaran tersebut dan mulai bekerja dengan gaji sekitar US$11 (kurang lebih Rp 110,000) per bulan. Ia kemudian menyadari bahwa dengan menjadi pegawai pemerintah ia memperoleh pemasukan yang lebih sedikit dibandingkan saat ia menjalankan bisnisnya sendiri. Tidak lama kemudian ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi tersebut dan berkonsentrasi pada bisnisnya (mau mengambil resiko). Sejak awal, Oscar Lima ingin menjadi pengusaha yang sukses (menentukan gol/target). Ia menyadari bahwa untuk mencapai tujuannya, ia perlu mengganti jenis bisnis yang ia jalankan. Ini berarti bahwa ia harus mengeluarkan uang untuk mempelajari keterampilan baru dan ia bergabung dengan temannya yang bekerja sebagai seorang subkontraktor (perencanaan yang sistematis). Ia bekerja sebagai seorang subkontraktor selama tiga tahun sampai ia merasa ia telah memperoleh cukup pengetahuan dan pengalaman untuk mendirikan dan menjalankan perusahaan kontraktor miliknya sendiri (percaya diri).

Kesuksesan bisnisnya menyebabkan Oscar Lima menjadi tokoh yang dikenal di Timor Leste dan ia mulai menerima undangan untuk berpartisipasi dalam sejumlah lokakarya dan pertemuan, baik yang diadakan di dalam negeri maupun di luar negeri. Acara-acara semacam ini memberinya kesempatan bertemu dan mengenal pengusaha-pengusaha internasional. Dalam salah satu pertemuan tersebut ia belajar mengenai bisnis real estate (perumahan) dan ia memutuskan untuk menerapkan ide ini di Timor Leste. Ia kemudian membuka dan mengembangkan Surikmas Real Estate di Dili (mencari informasi). Karena aliran politiknya, ia ditangkap pada tahun 1991 dan dikirim ke penjara di Jakarta. Ia kemudian dilepaskan dan kembali ke Timor Leste, namun ia kembali menemui tantangan baru. Ia baru mengetahui bahwa selain kehilangan semua uangnya, namanya juga termasuk dalam daftar hitam dan ia tidak bisa lagi mengikuti tender untuk proyek-proyek pemerintah. Ia berhasil mengatasi tantangan ini dengan mengajukan tender untuk pekerjaan umum dengan menggunakan nama perusahaan teman-temannya dan perlahan-lahan ia berhasil memperoleh posisinya dalam dunia bisnis (gigih).

Saat krisis tahun 1999, lagi-lagi ia kehilangan banyak asset bisnis. Namun dengan diperolehnya kemerdekaan Timor Leste dan dengan hadirnya badan PBB, Oscar Lima mengadaptasi dan membangun kembali bisnisnya sesuai standar internasional, sembari membantu membangun negaranya.Dan akhirnya Osar menjadi pengusaha yang sangat sukses.

Saat ini dunia pemasaran Indonesia akan memasuki era baru pemasaran. Di saat tradisional komunikasi pemasaran mengalami penurunan efektivitasnya sebuah cara baru di dunia pemasaran mengalami perkembangan yang siginifikan. Cara baru tersebut dikenal dengan pemasaran digital. Pemasaran digital yang menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasilnya adalah era baru interaksi antara produsen, intermediari pasar, dan konsumen.

Digital Marketing

Sebelum mengerti tentang pemasaran digital harus dipahami tentang apa itu pemasaran. Pemahaman tentang pemasaran secara sederhana adalah segala aktivitas dari mulai proses mendapatkan informasi tentang konsumen sampai dengan proses delivery produk atau jasa kepada konsumen. Pemasaran yang berbasis pada digital akan memberikan gambaran, bagaimana proses tersebut sebagian atau seluruhnya dikombinasikan ke dalam bentuk kontak baru dengan konsumen melalui internet. Ini adalah sebuah terobosan baru untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui media baru.

Perubahan teknologi akan berubah dari offline menjadi online, dari involuntary menjadi voluntary. Pelanggan akan secara sukarela mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan. Mereka bisa memproses informasi sesuai dengan ketertarikannya. Lebih interaktif karena konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk atau jasa.

Bentuk pemasaran digital bisa melalui blog, web, e-mail, dan layanan lainnya. Melalui layanan tersebut terjadi pertukaran informasi baik yang berasal dari produsen maupun konsumen. Jadi dengan digitalisasi pemasaran, informasi akan lebih murah karena mudah didapatkan sehingga akan menurunkan biaya riset, akuisisi, dan retensi. Selain itu adanya respon yang cepat dari konsumen melalui layanan di internet, perusahaan bisa dengan cepat memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Ini berarti membantu percepatan inovasi dalam perusahaan. Keunggulan media baru dibandingkan tradisional akan memberikan peluang baru bagi perkembangan dunia pemasaran.

Kesuksesan pemasaran digital telah dibuktikan oleh sebuah grup band Indie di Inggris, Arctics Monkeys berhasil menjual album pertama sebanyak 300.000 kopi pada minggu pertama setelah peluncuran albumnya. Mereka menggunakan jaringan internet untuk memperkenalkan album pertama. Arctics Monkeys membangun sebuah fanbase dengan memperkenalkan CD demo melalui messageboard, blog dan music download site, hingga akhirnya mereka dikontrak oleh salah satu label yaitu Domino Record.

Khusus untuk Blog memiliki cerita yang lebih menarik. Blog sebenarnya bukan sesuatu yang baru, blog telah dipakai oleh perusahaan besar seperti Microsoft, Apple dan General Motor (GM). Corporate blog milik Apple memiliki efektivitas yang sangat tinggi. Dengan blognya Apple dapat memonitor pengguna produk baru dari Apple. Tidak hanya memonitor, blog juga dapat menjaring opini baik negatif maupun positif tentang produk-produk Apple. Di Indonesia blog telah dipakai untuk channel komunikasi bagi peluncuran mobil Toyota New Altis selain itu HP Indonesia juga menggunakan channel komunikasi digital.



Sayangnya, potensi besar pemasaran digital masih memiliki kendala seperti kurangnnya pengalaman dari para pemasar di bidang pemasaran digital, adanya keengganan dari agensi iklan untuk menggarap media baru, rekruitmen karyawan baru juga masih mengalami kendala karena adanya gap pengetahuan di semua level departemen pemasar. Sementara pemasar dengan pengalaman di bidang digital dapat selektif terhadap kerjaan yang ingin mereka ambil. Mereka juga cenderung untuk berpindah untuk mendapatkan keuntungan lebih dari kemampuan uniknya. Bila melihat di Indonesia, hambatan implementasi pemasaran digital akan lebih berat. Penetrasi internet di Indonesia baru 10,4%, sementara, penetrasi broadband baru 0,2%. Bandingkan di negara berkembang seperti Inggris dengan penetrasi broadband sudah di atas 50%.

Negara maju dengan penetrasi broadband yang cukup besar masih menemui kendala dalam pengimplementasian pemasaran digital. Namun, peningkatan penggunaan medium baru sangat jelas terlihat seperti pada tabel berikut:

Tabel 1. Alokasi Budget iklan di dunia

2005 2006 2007 2008 2009
Newspapers 29.8 29.1 28.3 27.6 27.0
Magazines 13.2 12.9 12.7 12.4 12.4
Television 37.8 37.9 37.7 37.8 37.6
Radio 8.6 8.3 8.2 7.9 7.9
Cinema 0.4 0.4 0.4 0.5 0.5
Outdoor 5.5 5.6 5.7 5.8 6.0
Internet 4.7 5.8 7.0 8.0 8.7






Anggaran iklan di Internet masih lebih kecil dibandingkan dengan media cetak dan TV, tapi, secara perlahan alokasi untuk internet mengalami kenaikan yang signifikan. Bahkan pada tahun 2008 dan prediksi tahun 2009, alokasi anggaran iklan untuk inernet akan lebih tinggi dibandingkan dengan radio. Walaupun alokasi anggaran masih relative kecil dibandingkan media cetak dan TV, di masa datang paling tidak akan menyamai surat kabar, lalu majalah dan kemudian TV. Ini membuktikan bahwa dunia komunikasi pemasaran membutuhkan sebuah media baru untuk mengatasi fragmentasi media tradisional.

Setidaknya ada lima area sebagai penyebab kurangnya pengetahuan tentang pemasaran digital yaitu pembelian dan perencanaan media, penjualan media online, pemasaran melalui email, search-engine marketing, dan advertising-traffic management. Inisiatif pendidikan adalah sebuah langkah awal yang bagus, tapi untuk meyakinkan bahwa digital dipandang sebagai sebuah arena yang dapat membawa keberhasilan, industri harus berusaha membuktikan bahwa tidak hanya gebrakan sesaat saja, tapi juga, meyakinkan bahwa pemasaran digital dapat menunjukan hasil yang optimal, ini merupakan salah satu yang akan menarik para pemasar.

Pemasaran yang berbasis pada digital akan memberikan gambaran, bagaimana proses dikombinasikan ke dalam bentuk kontak baru dengan konsumen melalui Internet. Ini adalah sebuah terobosan baru untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui media baru. Teknologi akan berubah dari offline menjadi online, dari involuntary menjadi voluntary. Pelanggan akan secara sukarela mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan. Mereka bisa memproses informasi sesuai dengan ketertarikannya. Lebih interaktif karena konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk atau jasa. Bentuk pemasaran digital bisa melalui blog, web, e-mail, dan layanan lainnya. Jadi, dengan digitalisasi pemasaran, informasi akan lebih murah karena mudah didapatkan, sehingga akan menurunkan biaya riset, akuisisi, dan retensi.

Bisnis pengetahuan dapat dibagi dalam tiga bagian yaitu:

* Bisnis Energi
* Bisnis Sinyal
* Bisnis Informasi



Bisnis Energi

Bisnis energi makin prospektif, mulai dari bisnis sektor hulu hingga hilir, termasuk perusahaan-perusahaan penyedia jasa hulu migas. Head of Equity Analyst Asia Financial Network (AFN) Rowena Suryobroto mengatakan, konsumsi migas dan batubara yang terus meningkat membuat pasokan komoditas tersebut selalu dinantikan.

”Konsumsi minyak bahkan lebih besar daripada produksinya saat ini, sehingga kebutuhan dipenuhi dari cadangan/inventori. Nilai investasi yang dibutuhkan untuk mencari sumber-sumber minyak baru, seiring dengan turunnya cadangan, mencapai US$2.8 triliun secara akumulatif hingga 2030.

Dia mengatakan, penemuan-penemuan cadangan baru dibutuhkan untuk meningkatkan produksi, sehingga konsumsi dapat dipenuhi ”Ini merupakan potensi pasar yang sangat baik untuk perusahaan-perusahaan penyedia jasa hulu migas, seperti Apexindo dan Elnusa,” ujarnya.
Indonesia, kata Rowena, merupakan net importir minyak saat ini dan masih sangat mengandalkan minyak untuk pemenuhan kebutuhan. ”Porsi minyak 60%, gas 21%, dan batubara 14%. Tahun 2010 kebutuhan energi nasional diperkirakan mencapai 1,1 setara barel minyak,” jelasnya.

Rowena menjelaskan, beberapa pendorong permintaan migas dan batubara nasional adalah pertumbuhan populasi dan pertumbuhan ekonomi, konsumi minyak lebih besar dari produksinya, serta konversi energi ke gas.

”Sementara untuk batubara, pendorong permintaan akan datang dari pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW Tahap I dan II, diversifikasi energi ke batubara yang ditargetkan menjadi 33%, serta terbukanya pasar batuabara regional,” terang Rowena.

Emiten energy

Prospek cerah bisnis energi otomatis berimbas kepada kinerja emiten-emiten energi, baik migas maupun batubara. Rowena mengatakan, tim risetnya melakukan pemetaan terhadap emiten-emiten migas dan batubara yang ada di bursa dari sisi fundamental dan likuiditasnya.

”Elnusa, Medco, dan Perusahaan Gas Negara merupakan perusahaan dengan kinerja fundamental yang sangat baik dan memiliki potensi up side tahun 2010. Likuiditas ketiga saham ini juga memadai,” ujarnya.

Sementara untuk saham batubara secara keseluruhan masih sangat atraktif. Prospek industri yang sangat baik tahun 2010 dan jangka panjang akan mendorong kinerja emiten batubara. ”Bumi Resources, Adaro Energy, Indo Tambang, dan PTBA adalah saham pilihan investasi 2010.

Setahun yang lalu, Agus P. Sari (Direktur Eksekutif Pelangi, sebuah LSM) dalam Kompas (24 April 2002) menyatakan bahwa jika Indonesia tidak bersiap, maka dalam 10 tahun mendatang (baca : 2012) Indonesia akan menjadi net oil importer karena cadangan minyak buminya telah habis sama sekali. Dan kemudian 20 tahun kemudian (baca : 2022) menjadi total oil importer karena cadangan minyak bumi kita telah habis sama sekali. Artinya, padaa sat itulah nilai impor minyak kita akan lebih besar dibandingkan nilai ekspor minyak kita. Dengan kata lain, kebutuhan lebih besar daripada produksi.

Sesungguhnya apa yang dikatakan Agus tersebut bukanlah yang pertama kali dikemukakan pakar atau pengamat masalah-masalah energi di Indonesia. Indonesia memang masih tergantung pada energi fosil yaitu minyak, gas dan batubara. Sumber energi ini tidak bisa diperbaharui. Selain itu di masyarakat terdapat pendapat yang keliru bahwa sumber energi fosil milik kita tidak akan habis. Ternyata cadangan minyak bumi dan gas bumi kita hanyalah 1% dan 1,4% dari total cadangan minyak dan gas dunia, sementara batubara kita hanya 3% dari cadangan batubara dunia.

Persoalannya adalah ketika cadangan minyak dan gas bumi (plus batubara) Indonesia habis, apakah kita mau berpangku tangan saja lalu menjadi net oil importer, ataukah kita melakukan langkah-langkah dalam pengembangan energi alternatif?

MENCARI PENGGANTI MINYAK BUMI

Minyak adalah energi yang tidak dapat diperbaharui, sementara gas bumi dan batubara belum dimaksimalkan pemanfaatannya untuk konsumsi dalam negeri. Sesungguhnya negara kita ternyata menyimpan potensi yang luar biasa sumber-sumber daya energi alternatif (yang dapat diperbaharui) tersebut. Tetapi mengapa selama ini energi alternatif masih tertinggal dibandingkan sumber energienergi fosil tersebut? Untuk itu mungkin kata-kata kunci yang pas dalam memahami situasi ini kedepan adalah diversifikasi dan konservasi energi untuk mempercepat penggunaan energi alternatif merupakan suatu hal yang mutlak.

Pemerintah (perlu) menggulirkan program diversifikasi dan konservasi energi. Program ini bertujuan untuk menyokong penggunaan energi alternatif di luar BBM sekaligus gerakan penghematan dan dalam pemakaian energi yang tidak terbarukan. Program ini memang bertujuan ganda, menekan tingkat konsumsi BBM di dalam negeri sehingga impor BBM turun,tetapi sekaligus meningkatkan ekspor BBM kita. Mengapa demikian? Karena bagaimanapun, minyak bumi masih merupakan pilar penting perekonomian negara kita ini, sedangkan persediaannya akan habis dalam jangka waktu 10 - 20 tahun ke depan.

Beberapa energi alternatif yang bisa dikembangkan sebagai pengganti minyak adalah gas bumi dan batubarayang keduanya masih merupakan energi fosil, tetapi belum dimaksimalkan pemakaiannya, sedangkan lainnya adalah panasbumi, energi matahari, energi angin, energi air, dan lain-lain.

GAS BUMI

Gas bumi masih saudara dari minyak bumi sebagai sesama energi fosil yang tidak dapat diperbaharui. Kelebihannya adalah cadangan gas bumi Indonesia bisa dikatakan sangat besar, yaitu 117 Tcf. Demikian diungkapkan Ramses O. Hutapea, seorang pengamat industri minyak dan gas bumi. Sejak penemuan -penemuan lapangan gas bumi Arun (Aceh) dan Badak (Kalaimantan Timur) tahun 1971, Indonesia memang menjadi negara produsen dan eksportir LNG terbesar di dunia sejak tahun 1986. Setelah itu masih banyak lagi ditemukan lapangan-lapangan gas bumi menengah maupun yang besar. Sebut saja misalnya D'Alpha di Natuna Timur; Muturi, Berau dan Wiriagar di Papua; Sonoro dan Donggi Block di Sulawesi Tengah; dan juga di Cepu (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Itu untuk menyebut lapangan-lapangan yang besar saja, belum termasuk yang menengah yang tersebar di seantero Indonesia.

Ramses menilai, gas bumi memiliki kesempatan penggunaan yang lebih luas daripada batubara, terutama untuk sektor transportasi. Kesempatan penggunaan serta keharusan internalisasi biaya mitigas dampak lingkungan dari gas bumi dan batubara, menempatkan gas bumi sebagai sumber alternatif yang lebih efisien dan efektif.

Di lain sisi, Ramses melihat bahwa ada faktor obyektif yang (telah) memperlambat peningkatan penggunaan gas bumi, adanya dislokasi cadangan gas bumi dari lokasi (calon) pengguna atau konsumen besar. Penemuan-penemuan cadangan gas bumi selalu terjadi di lokasi-lokasi yang jauh dari pusat-pusat pemakai energi besar yang terletak di perkotaan, pusat-pusat industri dan jaringan transportasi di Sumatera, Jawa dan Bali. Akibatnya adalah jaringan pipa yang dibangun hanya jaringan transmisi pipa jarak pendek dan menengah, tidak ada yang jarak jauh.

Selain itu harga gas yang berbeda juga menjadi salah satu penyebab lambatnya pemakaian gas bumi. Untuk pembangkit listrik PLN, harga gas memang sudah merupakan harga hasil kesepakatan antara penghasil dan pemakai gas bumi. Tetapi di lain sisi harga gas untuk industri pupuk, ternyata masih disubsidi oleh pemerintah.

Menurut Ramses O. Hutapea, yang menjadi masalah adalah sarana pipa transmisi dan distribusi gas bumi yang secara ekonomi (seharusnya) dapat dibangun untuk menjangkau industri-industri pemakai gas bumi tersebut, terutama yang terletak di Jawa dan Sumatera. Dan kedua, rencana pembangunan jaringan kereta api listrik di Jawa yang menghubungkan kota-kota besar, akan membuka peluang peningkatan penggunaan gas bumi sebagai energi primer untuk pembangkit listrik dari kereta api.

BATUBARA
Batubara adalah sumber energi fosil yang masih cukup besar di Indonesia, tetapi belum pernah dimaksimalkan potensinya. Diperkirakan cadangan batubara Indonesia sekitar 42,6 miliar ton. EmanS. dalam Suara Karya(20 Januari 2003) bahkan menyatakan bahwa batubara masih dapat diproduksi 100 tahun ke depan.

Dituliskan kalau Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro menyatakan bahwa penggunaan batubara sudah dirintis sejak 10 tahun lalu (1993), namun masih terbatas pada sektor ketenagalistrikan saja, yaitu sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Padahal potensi batubara sangatlah luas pemanfaatannya, mulai dari keperluan rumah tangga (memasak), industri dan transportasi. Untuk keperluan rumah tangga dan industri, batubara dapat dikemas menjadi briket (batubara yang dipadatkan); sedangkan untuk transportasi, batubara dapat diubah menjadi cair (liquefied), yang fungsi dan kegunaannya samad engan BBM jenis premium atau minyak solar.

Untuk itu, lanjut Purnomo, pemerintah berusaha untuk terus mensosialisasikan pemakaian briket batubara sebagai bahan bakar alternatif penggantiminyak (tanah). Salah satunya adalah dengan membangun pabrik-pabrik briket batubara di Palimanan (Cirebon, Jawa Barat) dan Gresik (Jawa Timur). Sedangkan untuk mengubah batubara menjadi zat cair yang dapat berfungsi sebagai bahan bakar, Departemen ESDM melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan DESDM bekerjasama dengan sebuah perusahaan Jepang yang berpengalaman di bidang itu.

Namun, Purnomo mengakui bahwa ketergantungan masyarakat pada minyak tanah masih sangat tinggi, sehingga respon masyarakat terhadap briket batubara juga rendah. Artinya memang tidak mudah mempopulerkan batubara.

Sedangkan Lobo Balia, Kepala Puslitbang Teknologi Mineral dan Batubara (TekMIRA) lebih melihat karena ketiadaan kebijakan yang tegas dari pemerintah sendiri. Lobo menginginkan adanya kebijakan yang tegas dalam pemanfaatan batubara. Kebijakan pemerintah itu nantinya diharapkan menjadi payung bukan hanya untuk industri pertambangan saja, tetapi juga bagaimana memanfaatkan batubara sebagai energi alternatif yang berjalan seperti yang diharapkan. Selama kebijakan yang tegasitu belum ada, tambah Lobo Balia, maka pemanfaatan batubara hanya akan tinggal harapan saja.

Tetap apa sebetulnya keunggulan batubara dibandingkan minyak? Menurut Soedjoko (Peneliti Senior TekMIRA), 1 liter minyak tanah dapat digantikan dengan hanya 0,6 kg briket batubara. Dan harganya yang lebih murah. Ada lagi? Tentu, yaitu ramah lingkungan. Sisa pembakaran briket batubara dapa t dijadikan sebagai pupuk tanaman, masih kata Soedjoko.

PANAS BUMI

Setelah gas bumi dan batubara, maka panasbumi tak pelak lagi menjadi sumber energi alternatif yang patut dikembangkan, mengingat cadangannya pun tidaklah kecil. Diperkirakan potensi panasbumi sangatlah besar, yaitu 20.000 MWe, yang tersebar di punggung pegunungan, khususnya di kawasan barat Indonesia (WePe No. 8/XXXI/1996). Sementara Ramses O. Hutapea menyebutkan cadangan panasbumi sebesar 105,6 juta Setara Barel Minyak yang dapat menunjang pembangkit listrik sebesar 9658 MW (WePe No.07/XXXVII/Juli 2002).

Anwari dalam buku "Panasbumi dalam Perspektif Nasional" menyebutkan, sebagai alternatif pengganti minyak bumi, panasbumi punya keunggulan yaitu ia merupakan energi primer yang dapat diperbaharui. Dan secara teknis, dampak lingkungan dari pengusahaan panasbumi sangatlah kecil. Tetapi dilain sisi, panasbumi bukanlah jenis energi yang bisa menghasilkan devisa, karena ternyata panasbumi tidak dapat diekspor. Maka satu-satunya pilihan dalam pemanfaatan panasbumi adalah untuk memasok kebutuhan energi di dalam negeri. Berangkat dari hal tersebut, Anwari berpendapat bahwa sebaiknya sumber energi lain yang bisa diekspor sebaiknya tidak digunakan di dalam negeri .

Menurutnya, ada beberapa keuntungan yang diperoleh dengan mengembangkan pemakaian panasbumi. Di antaranya, pemerintah tidak perlu lagi mensubsidi BBM yang dipergunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap. Dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) , maka BBM yang semula digunakan untuk PLTU dapat diekspor untuk menghasilkan devisa. Keuntungan lain adalah berkait dengan sumber cadangan panasbumi yang terdapat di kawasan barat Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Di pulau terpadat ini, sudah terpasang jaringantransmisi listrik Jawa-Bali dan merupakan wilayah dengan tingkat kebutuhan listrik yang besar. Artinya, panasbumi sudah memiliki wilayah pengembangan yang sangat potensial.

Anwari melihat satu masalah yang mendasar, yaitu masih kurang yakinnya pemerintah dalam mengembangkan energi panasbumi secara lebih serius.

Tampaknya tidak terlalu meleset juga pandangan Anwari tersebut. Tetapi ketika waktu habisnya cadangan minyak bumi semakin dekat, apakah kita masih harus berdiam diri saja dengan berbagai alasan yang dicari-cari? Suka atau tidak suka, pemerintah harus serius mengembangkan pilihan-pilihan diatas, dan tentu masih banyak lagi pilihan-pilihan lain, seperti energi matahari, energi air, anergi angin, dan lain-lain.

Peluang usaha bidang energi alternatif di Indonesia dinilai sangat menjanjikan. Sayangnya, keberpihakan pemerintah terhadap usaha energi alternatif tersebut masih sangat minim. Hal itu mengemuka dalam diskusi "Peluang Usaha Bidang Energi di Indonesia" yang diselenggarakan Departemen Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan Pimpinan Kolektif Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (PKMN KAHMI), di KAHMI Centre. Jakarta, Rabu (30/6).

Hadir sebagai pembicara Komite Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas) Ibrahim Hasyim. Anggota Komisi VII DPR RI Salya W Yudha, dan Direktur PT Green Energi Ir Sudadi. Satya W Yudha menyatakan. Indonesia sangat berpotensi mengembangkan energi alternatif. Karenanya, pemerintah "harus mengkaji kembali kebijakan energi nasional, terutama mengenai kegagalan dalam memanfaatkan energi dalam kebijakan tahun lalu.

Hal senada disampaikan Ibrahim Hasyim yang menilai energi alternatif biofuel memiliki potensi bisnis besar. Sayangnya, pemanfaatan atau pengelolaan energi tersebut belum berjalan. Dikatakannya, pengembangan Biofuel tidak hanya memberikan penambahan energi alternatif bagi bangsa Indonesia. Namun juga se-cara tidak langsung dapat menciptakan lahan pekerjaan dengan cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bahan baku energi tersebut.

Tetapi belum ada kebijakan yang memfokuskan pengelolaan energi itu. "Misalnya, saat ini belum ada kebun yang memang didedikasikan untuk biofuel. Akibatnya, masyaraat cenderung beralih profesi ketika ada peluang yang lebih mahal," tuturnya. Sementara, Sudadi mengakui campur tangan pemerintah ataupun keberpihakan pemerintah terhadap badan usaha yang mengembangkan energi alternatif dalam rangka mengurangi konsumsi energi inti masih kurang.

"Kenapa pemerintah tidak memberikan subsidi kepada dunia usaha yang mengembangkan energi alternatif. Seharusnya pemerintah memberikan insentif kepada badan usaha yang mengembangkan bio energi," kata dia.
Langkah lainnya, pemerintah dapat membantu badan usaha di bidang teknologi dan proses distribusi energi alternatif yang dikembangkan badan usaha tersebut. SUdadi menambahkan, regulasi yang ada di pemerintah terhadap kebijakan energi nasional tidak jelas. Misalnya, disalu sisi pemerintah mengekspor gas ke luar negeri. Namun, di sisi lain di dalam negeri mengalami krisis energi. "Ini kan pasti ada yang tidak pas mengenai kebijakan tersebut.

Bisnis Telekomunikasi

Bisnis telekomunikasi adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pengelolaan jasa

telekomunikasi. PT. Telkom adalah pelaku utama dalam bisnis telekomunikasi di

Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN, PT. Telkom diberi kewenangan untuk mengelola

bisnis inti telekomunikasi. Disamping PT. Telkom terdapat pemain-pemain telekomunikasi

lain yang seperti PT. Indosat, PT. Excelcomindo dan PT. Lintas Arta.

Saat ini bisnis telekomunikasi terus berkembang. Pada tahun 2009 PT. Telkom melakukan

tranformasi bisnis pada bidang Telekomunikasi, Informasi, Media dan Edutainment

(TIME). Tranformasi ini bertujuan untuk meningkatkan gain dari sektor telekomunikasi.

Perkembangan sektor telekomunikasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi

nasional.

Pembangunan sektor telekomunikasi akan meningkatkan perkembangan sektor –

sektor lain. Organisasi telekomunikasi dunia, International Telecommunication Union

(ITU), memprediksi penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan

mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti di

negara-negara seperti Korea, Jepang, Kanada, negara – negara Eropa, Skandinavia, dan

lainnya yang telah memberi perhatian besar pada sektor telekomunikasi, secara nyata

mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Permasalahan Umum

Permasalahan yang dihadapi pada sektor telekomunikasi adalah sebagai berikut [1]:

· Rendahnya infrastruktur jaringan telekomunikasi

· Rendahnya penetrasi Internet

· Pasar yang masih dikuasai oleh pelaku dominan

· Masih tingginya daftar antrian calon pelanggan telepon

· Masih relatif rendahnya kontribusi sektor telekomunikasi terhadap Pendapatan

Nasional

· Makin terbukanya entry barrier bagi produk dan jasa asing untuk masuk ke

Indonesia

· Produk dan jasa Indonesia di bidang telekomunikasi yang diekspor ke luar negeri

masih rendah

· Permasalahan pro dan kon menyusul divestasi BUMN telekomunikasi

· Lambatnya realisasi pendirian Badan Regulasi telekomunikasi yang bersifat

mandiri sesuai dengan mandat Undang – Undang Nomor 36/1999 tentang

Telekomunikasi

· Permasalahan Struktur, Perilaku dan Kinerja industri telekomunikasi Indonesia

· Belum adanya upaya serius dari pemerintah untuk memberi perhatian sepenuhnya

terhadap pemanfaatan Internet dan dampaknya.

Perusahaan-perusahaan utama yang bergerak dalam bidang telekomunikasi di Indonesia

adalah :

1. PT. Telkom Tbk. (www.telkom.co.id)

Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang Telekomunikasi

2. PT. Telkomsel (www.telkomsel.com)

Penyedia jasa komunikasi seluler GSM

3. PT. Indosat (www.indosat.com)

Penyedia jasa komunikasi seluler GSM

4. PT. Smart Telecom (www.smart-telecom.co.id)

Penyedia jasa komunikasi seluler CDMA di pulau Jawa

5. PT. Natrindo Telepon Seluler (www.axisworld.co.id)

Operator penyedia jasa seluler GSM dan 3G

6. PT. Mobile-8 Telecom (www.mobile-8.com)

Penyedia jasa komunikasi seluler CDMA

7. PT. Aplikanusa Lintasarta (www.lintasarta.net)

Penyedia jasa komunikasi data

8. PT. Excelcomindo Pratama (www.excelcom.co.id)

Penyedia jasa komunikasi seluler GSM

9. PT. Lintasmedia Nusantara (www.lintasmedia-nusantara.com)

Penyedia jasa dan produk komunikasi dan pesan singkat (SMS)




Bisnis Informasi

Peranan Informasi Dalam Kehidupan

Setiap orang sangat membutuhkan informasi. Setiap aktivitas yang kita jalankan selalu berpedoman pada informasi yang kita peroleh. Misalnya, bila kita mendapatkan informasi bahwa jalan A sangat macet maka kita tidak akan pergi melewati jalan tersebut. Contoh lainnya, apabila kita ingin membeli suatu barang dengan harga yang murah dan kita mendapat informasi bahwa di toko B barang tersebut dijual dengan harga murah dibandingkan toko yang lain, maka kita akan membeli barang ke toko tersebut. Dari uraian di atas tampak informasi memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Sedemikian pentingnya informasi itu telah membuat setiap orang berusaha mencari sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkannya. Informasi penting yang berkualitas dapat meningkatkan pula kualitas kehidupan seseorang.

Informasi tersebar di seluruh dunia dan kita memerlukan cara bagaimana memperoleh informasi tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi maka orang menciptakan internet. Dengan adanya internet setiap orang mendapatkan kesempatan memperoleh informasi dari tempat-tempat yang jauh tanpa harus mendatang tempat tersebut. Informasi bisnis sampai ilmu pengetahuan yang tersebar di seluruh dunia dapat kita cari melalui internet. Internet telah memberikan jalan bagi kita untuk memperoleh informasi dengan mudah dan cepat.

Sesungguhnya dibalik peranan penting informasi dan perkembangan teknologi informasi belakangan ini ada suatu peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang. Peluang ini masih sangat terbuka dan akan semakin besar kebutuhannya di tahun-tahun yang akan datang. Hal ini dapat terjadi ditunjang oleh kemudahan orang untuk dapat mengakses internet dengan cepat.

Perkembangan yang cepat dari teknologi informasi khususnya internet telah membuka suatu peluang bisnis baru, yaitu layanan penyediaan informasi digital melalui internet, seperti yang nanti akan dijelaskan. Peluang ini bertambah besar dengan telah dikembangkannya teknologi ADSL yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses internet dengan kecepatan tinggi dan dapat dilakukan dari rumah. Tulisan ini dibuat sebagai suatu wacana tentang peluang bisnis informasi digital melalui internet tersebut.


Peluang Bisnis Melalui Internet

Penggunaan internet belakangan ini semakin banyak diminati oleh banyak orang karena dirasakan semakin banyak manfaatnya dalam meningkatkan kinerja dan efektivitas kerja. Internet digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sekaligus meningkatkan keuntungan mereka. Lembaga-lembaga pendidikan berlomba-lomba mempromosikan keunggulan lembaganya melalui internet. Hampar semua bidang usaha berusaha memanfaatkan internet untuk meningkatkan daya saingnya di mata konsumen. Sebaliknya konsumen pun telah memanfaatkan internet dalam memilih produk- produk yang mereka inginkan.

Dewasa ini penggunaan internet tidak terbatas hanya untuk mencari informasi saja, tetapi juga digunakan untuk keperluan lainnya. dengan internet orang yang berada di tempat yang berbeda dan sangat jauh dapat saling berkomunikasi bahkan dapat saling bertemu dan berbicara seolah-olah mereka berada di satu tempat yang sama. Proses semacam ini dapat terselenggara melalui teknik yang disebut dengan video streaming. teknologi ini dapat dimanfaatkan misalnya oleh para TKI yang bekerja di luar negeri. Bagi para TKI yang meninggalkan keluarganya untuk bekerja di luar negeri keberadaan internet untuk berkomunikasi menjadikan mereka dapat selalu dekat dengan keluarganya walaupun secara fisik mereka terpisah jauh. Jadi Anda tidak perlu heran apabila melihat seorang TKI memanfaatkan internet untuk bertemu dan berkomunikasi dengan keluarganya untuk melepas rindu. Dengan menggunakan teknik streaming dimungkinkan juga seorang ibu yang sedang berada di luar negeri karena mendapat tugas belajar misalnya dapat memantau perkembangan anaknya yang sedang bersekolah di dalam negeri. Internet telah menjadikan dunia terasa dekat dan dapat dijangkau oleh semua orang.

Selain itu, internet juga sering dimanfaatkan oleh perusahaan atau perorangan untuk

mempromosikan produknya. Dengan mempromosikan produknya melalui internet diharapkan dapat memperluas pasar, sehingga bisa mencapai seluruh tempat di dunia, sekaligus juga meningkatkan keuntungan bisnisnya. Meskipun pengguna internet masih terbatas tetapi ini akan terus meningkat di tahun-tahun yang akan datang.

Memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi sudah sangat banyak dijumpai di sekitar kita, tetapi memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan mungkin belum banyak yang melakukannya walaupun wacana tentang ini sudah banyak dibicarakan. Salah satu peluang bisnis yang dijalankan melalui internet adalah layanan penyediaan informasi digital. Ini merupakan suatu bisnis yang sangat menarik dan menantang dan memiliki prospek yang bagus di masa yang akan datang. Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar ataupun proses produksi yang panjang dan rumit yang membutuhkan banyak orang untuk menjalankannya. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah kemauan dan ide yang kreatif. Selain itu bisnis ini bisa dijalankan seorang diri dan dikerjakan dari rumah.

Bayangkanlah suatu bisnis yang dapat dijalankan selama24 jam sehari dan tujuh hari seminggu. Bayangkan keuntungan yang akan kita peroleh ketika kita menjalankan bisnis semacam itu. Bahkan bisnis yang dapat terus berjalan walaupun kita sedang terlelap tidur. Tentu Anda sepakat bahwa bisnis semacam ini sangat menarik dan menguntungkan, bukan? Ini bisa kita dapatkan jika kita menggunakan internet untuk menjalankan bisnis kita tersebut. Bandingkan dengan pekerjaan yang kita jalankan selama ini biasanya hanya berkisar antara 8 – 10 jam sehari dan lima hari seminggu.

Bisnis ini menjadi semakin besar peluangnya untuk dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi ADSL. Teknologi ADSL dapat menyediakan akses internet kecepatan tinggi melalui jaringan telepon yang sudah ada dan telah tersambung ke rumah- rumah dan kantor-kantor. Dengan jaringan yang sudah ada setiap orang dapat mengakses internet dari rumah dan dapat menjalankan bisnis melalui internet dari rumah. Jika setiap orang dapat mengakses internet dari rumah maka peluang untuk berbisnis melalui internet menjadi semakin besar dan keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini menjadi terbuka untuk diraih.

Bisnis Layanan Penyediaan Informasi Digital

Selama ini produk yang ditawarkan melalui internet dapat dikategorikan sebagai barang dan jasa. Penjualan produk berupa barang dan jasa memerlukan pengiriman barang dan jasa tersebut dari penjual ke pembeli. Dalam hal ini internet dijadikan sebagai media promosi yang memerlukan proses pengiriman barang dan jasa tersebut secara offline.

Berbeda dengan proses di atas, apabila produk yang ditawarkan melalui internet berupa informasi digital maka pembeli dapat langsung mengakses produk tersebut secara online tanpa harus menunggu barang atau jasa dikirimkan, tentunya setelah proses pembayaran dilakukan. Ini adalah salah satu kelebihan dari bisnis informasi digital. Informasi digital dapat berbentuk sebuah perangkat lunak (software), sebuah buku elektronik (e-book) atau sebuah video tutorial.

Produk berupa informasi digital ini merupakan suatu file dalam bentuk digital yang disimpan di dalam suatu server. File ini kemudian dimasukkan dalam website internet sehingga dapat dilihat oleh semua orang. Orang yang tertarik ingin membeli produk ini setelah melihat penawarannya di internet dapat mengaksesnya setelah mengirimkan konfirmasi pembayaran dan menerima password untuk membukanya.

Peluang yang ditawarkan oleh bisnis ini adalah bahwa setiap orang mempunyai kesempatan untuk melakukan bisnis informasi digital ini. Dengan kemudahan akses internet yang bisa menjangkau sampai ke rumah-rumah semakin membuka peluang ini. Setiap orang dapat melakukan bisnis ini dan pasar yang dituju sudah ada. Apalagi di tahun-tahun yang akan datang semakin banyak orang yang menggunakan internet. Pasar yang ada bisa mencakup dalam negeri bahkan luar negeri. Bayangkan produk yang kita tawarkan bisa dilihat oleh orang-orang di seluruh dunia.

Keunggulan Bisnis Informasi Digital

Bisnis informasi digital memiliki keunggulan sebagai berikut:

* Tidak membutuhkan modal yang besar
* Tidak memerlukan proses produksi, karena kita cukup membuat satu file digital dan file tersebut tinggal dicopy (didownload) oleh pembeli. Satu file digital yang kita buat dapat diakses oleh ribuan pembeli/pelanggan. Ini artinya dengan satu file dapat melayani permintaan ribuan pembeli/pelanggan tanpa harus memproduksi secara masal
* Tidak membutuhkan kantor dan gudang untuk menyimpan barang. Dan dapat
* dikerjakan di rumah sehingga memperkecil biaya produksi
* Tidak memerlukan kurir untuk mengantarkan produk kepada pembeli/pelanggan
* Dapat diselanggarakan secara online yang sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya

Bisnis ini merupakan pilihan bisnis yang cerdas karena sistem yang bekerja untuk kita. Sekali kita membuat suatu produk maka kita tinggal menunggu permintaan (pesanan) datang kepada kita. Dalam keadaan tidur pun pendapatan mengalir kepada kita. Inilah yang disebut dengan passive income.

Menjalankan Bisnis Informasi Digital

Pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk menjalankan bisnis informasi digital ini. Langkah pertama untuk menjalankan bisnis ini adalah membuat produk informasi digital yang akan kita tawarkan melalui internet. Produk tersebut dapat berupa audio file, tutorial (pengajaran suatu mata pelajaran/mata kuliah) ataupun buku elektronik (e-book). Informasi berupa audio file dapat dibuat dalam bentuk ceramah, pidato, maupun musik dan lagu. Bentuk audio file dapat digabung dengan file yang lain sehingga dapat berbentuk format multimedia. Ini sangat cocok untuk penyediaan suatu tutorial tentang suatu pelajaran dengan memuat gambar, teks, dan suara dalam bentuk presentasi multimedia. Apabila kita merasa menguasai suata pelajaran tertentu dan ingin menginformasikannya kepada orang lain maka ini adalah peluang untuk anda untuk dapat menjual pengetahuan anda tersebut.

Informasi atau pengetahuan yang dapat kita jadikan informasi digital untuk dijual melalui internet dapat kita temukan di sekitar kita. Informasi tersebut biasa berupa hobi, profesi, dan lain-lain. Misalnya, profesi kita dalam bidang komputer maka keterampilan dalam bidang komputer yang kita kuasai dapat kita jadikan sebagai informasi digital yang akan kita jual. Setiap informasi yang kita punya dan mungkin diperlukan oleh orang lain adalah sesuatu yang dapat kita jadikan sebagai informasi digital.

Oleh karena setiap orang memiliki kemampuan dan pengetahuan yang paling menonjol dan paling dikuasai, maka setiap orang dapat menghasilkan suatu produk informasi digital. Ini adalah modal dasar untuk terjun ke dalam bisnis informasi digital. Dan semua orang memilikinya. Siapapun dan dengan profesi apapun dapat melakukan bisnis ini asalkan memiliki kemauan dan gagasan yang kreatif.

Selanjutnya produk informasi digital yang telah kita buat perlu ditawarkan kepada orang lain. Dalam hal ini kita memerlukan suatu website di internet tempat semua produk kita ditawarkan. Memiliki website adalah hal yang mutlak diperlukan buat kita di era internet ini. Website ini dapat berisi informasi tentang produk-produk informasi digital kita yang dapat diakses oleh siapapun di seluruh dunia. Pengetahuan tentang pembuatan website dan bagaimana meletakkan website di internet diperlukan. Setelah kita memiliki website yang sudah berada di internet, maka produk kita sudah bisa dilihat oleh orang lain dan kita tinggal menunggu pesanan dari orang yang memerlukan produk yang kita buat tersebut.

Selain itu, kita juga perlu membuat produk-produk yang lain untuk meningkatkan keuntungan dari bisnis kita karena semakin banyak produk yang ditawarkan semakin banyak kemungkinan orang untuk membeli produk kita dan sekaligus memperbesar keuntungan yang bisa didapat. Dari uraian di atas kebutuhan akan akses internet yang mudah dan cepat sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis ini. Salah satu alternatif untuk mengakses internet kecepatan tinggi adalah dengan menggunakan teknologi ADSL yang ditawarkan oleh PT Telkom.

Sesungguhnya semenjak teknologi internet ini mulai berkembang secara luas penggunaannya, pengetahuan tentang internet menjadi sangat penting untuk diketahui dan pelajari. Pengetahuan ini penting mengingat di tahun-tahun mendatang internet mungkin akan digunakan oleh setiap orang untuk melakukan berbagai aktivitasnya. Internet akan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Hal ini telah tampak hari ini di mana internet telah digunakan secara luas. Jadi, mulailah belajar apa-apa yang perlu diketahui tentang internet dan selanjutnya mulailah memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan.

Memiliki website sendiri merupakan suatu kebutuhan yang penting belakangan ini. Melalui website yang kita miliki kita dapat melakukan banyak hal dan bermanfaat untuk orang banyak. Jika ilmu yang kita miliki kita tulis dan kita taruh di website kita, maka ilmu tersebut akan dibaca oleh orang banyak. Ini merupakan suatu amalan yang sangat baik buat kita sebagai umat beragama. Apabila kita menganggap apa yang kita tampilkan di website sangat penting dan pantas mendapatkan bayaran maka kita dapat menjual informasi (ilmu) tersebut. Inilah yang kita sebut berbisnis informasi digital. Perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi telah membuka suatu peluang bisnis baru yang memiliki prospek bagus di masa depan. Bisnis ini adalah bisnis penyediaan informasi digital. Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, tidak membutuhkan duplikasi produk (proses manufaktur), dijalankan secara online dan mudah dijalankan. Keuntungan yang dijanjikan oleh bisnis ini sangat besar dan dapat dijalankan selama24 jam. Prospek bisnis informasi digital ini semakin menjanjikan dengan ditunjang oleh adanya teknologi ADSL yang dapat menyediakan akses internet berkecepatan tinggi dan dapat menjangkau rumah-rumah dan kantor-kantor.


Sumber:

http://ilmukomputer.org/category/telekomunikasi/

http://bisnisukm.com/

http://www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar